//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munadia - Personal Name
SubjectLEARNING
STUDENTS
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

Model pembelajaran student facilitator and explaining merupakan model pembelajaran yang membantu siswa dalam menerapkan ide-ide atau pendapat yang dikemukakan ketika proses pembelajaran sehingga siswa menajadi guru bagi temanya dan guru hanya memberikan motivasi pada awal pembelajran dan siswa yang akan memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and expaling dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan dua kelas yaitu kelas experimen dengan mengunakan model student facilitator and explaining dan kelas kontrol dengan mengunakan pendekatan konvensional. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian experimen dengan model pembelajaran student facilitator and explianing sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dengan mengunakan tes dan dokumentasi,tes yang digunakan adalah tes pretest dan postest dan dokumentasi adalah nama,nilai dan foto pada proses pembelajaran. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di smp negeri 2 banda aceh dan sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Pengolahan data digunakan dengan mengunakan uji t dua pihak dan didapatkan hasil nilai postest t_hitung sebasar 2,259 sedangkan t_tabel sebesar 1,68 sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran student facilitatator and explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan hasil t_hitung > t_tabel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN DENGAN TIPE TALKING STICK UNTUK KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (DEVI DARMIYANTI, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH (ZAHRATUN RAHMI, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Munadia, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Mega Novita Sari, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy