//

KENDALI KUALITAS MESIN SINAR-X DI SALAH SATU RUMAH SAKIT BANDA ACEH MENGGUNAKAN STEPWEDGE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian mengenai kendali kualitas mesin sinar-X telah dilakukan di salah satu rumah sakit Banda Aceh menggunakan stepwedge yang bertujuan untuk mengetahui kualitas citra film mesin sinar-X dengan menggunakan stepwedge. Pada penelitian ini arus yang digunakan 100 mA dan 160 mA, dan tegangan 50 kV dan 60 kV dengan jarak penyinaran 100 cm. Kendali kualitas mesin sinar-X diperoleh melalui pengukuran densitas optik citra film radiografi setelah sinar-X menembus stepwedge dengan menggunakan alat densitometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas citra film mesin sinar-X dengan menggunakan stepwedge terdapat daerah-daerah penting, dimana pada penggunaan arus 100 mA dan tegangan 55 kV terdapat daerah toe atau batas paling terang berada antara 0,32 sampai dengan 0,38, sementara straight line atau batas kehitaman berada pada densitas optik antara 0,38 sampai dengan 2,49, sementara sholder atau daerah gelap berada pada densitas optik 2,83. Pada penggunaan arus 160 mA dan tegangan 60 kV terdapat daerah toe atau batas paling terang berada antara 0,32 sampai dengan 0,35, sementara straight line atau batas kehitaman berada pada densitas optik antara 0,35 sampai dengan 2,03, sementara sholder atau daerah gelap berada pada densitas optik 2,61 sampai dengan 2,68. Berdasarkan hasil tersebut maka mesin sinar-X di salah satu rumah sakit Banda Aceh perlu dikalibrasi kembali agar mendapatkan citra film radiografi yang lebih baik. Kata Kunci: Kendali Kualitas, Mesin Sinar-X, Film Radiografi, Stepwedge

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI QUALITY CONTROL (QC) CITRA FILM RADIOGRAFI MENGGUNAKAN STEPWEDGE BERBAHAN KAYU (Nurjannah, 2017)

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN PLAN-DO-CHECK-ACT (PDCA) BERDASARKAN STANDAR MINIMAL PRODUKSI KEUMAMAH UD. TUNA (Muhammad Mirza, 2017)

HUBUNGAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ASISKA, 2014)

KAJIAN PEMELIHARAAN BANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (SITI AMALIZA RIDWAN, 2019)

ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEM RUMAH SAKIT (SIMRS) DENGAN MODEL HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGI (HOT FIT) DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SABANG (Husnaina Febrita, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy