//

HOME SECURITY SYSTEM BERBASIS FREE WEB SERVER DAN NODEMCU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZULFAHMI - Personal Name
SubjectCOMPUTER PROGRAM
WEB PROGRAMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Di era kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini, terdapat banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem pengamanan rumah, salah satunya adalah teknologi Internet of Thing (IoT). Dengan teknologi ini, pemilik rumah dapat mengetahui keadaan rumah dari jarak jauh, karena akan terhubung langsung dengan jaringan internet. Pada proyek akhir ini dirancang home security system berbasis free web server dan mikrokontroler nodemcu. Tujuan perancangan adalah untuk memudahkan pemilik rumah dalam mengetahui keadaan rumahnya walaupun dari jarak jauh. Peralatan rancangan ini terdiri dari tiga bagian utama. Bagian masukan, pemrosesan dan bagian keluaran. Bagian masukan terdiri dari sensor flame, sensor MQ-2 dan magnetic switch yang digunakan untuk mendeteksi adanya api, asap dan mendeteksi keadaan pintu ataupun jendela yang terbuka. Bagian kedua berupa kontroler, yang bertugas untuk memproses sinyal dari bagian masukan dan mengirimkannya ke bagian keluaran baik berupa pompa, alarm serta ke smartphone. Hasil perancangan menunjukkan bahwa peralatan ini dapat berjalan dengan baik serta dapat mengetahui keadaan rumah dari jarak jauh. Sistem pengaman rumah ini akan mengirimkan pesan ke aplikasi smartphone dan menghidupkan alarm dirumah jika mendeteksi adanya api, asap, dan pintu ataupun jendela yang terbuka. Kata kunci: nodemcu, web server, sensor MQ-2, sensor flame, sensor magnetic switch

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ARM ROBOTIC DAN PENGONTROLAN PERGERAKANNYA MENGGUNAKAN APLIKASI IOT BERBASIS NODEMCU (MUHIBBON, 2020)

EVALUASI PENGENDALIAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA BUMN DI KOTA BANDA ACEH (Geubrina Rizki, 2014)

SISTEM PEN GATORAN AKSES PERKANTORAN MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION DAN PASSIVE INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO (Sophia Cindy, 2020)

ANALISIS KINERJA DISKLESS SERVER PADA TEKNOLOGI WINDOWS LINUX TERMINAL SERVER PROJECT (WLTSP) (Munasir, 2014)

PERANCANGAN SMART HOME MENGGUNAKAN RFID DAN SENSOR PIR BERBASIS ARDUINO UNO (HALIMAH NORA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy