//

PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PETUGAS MEDIS DALAM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIKU S TRI YOGASMARA - Personal Name
SubjectWASTES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Limbah medis merupakan limbah yang berbahaya, beracun, dan infeksius yang memerlukan pengelolaan limbah medis yang baik. Petugas medis memegang peranan penting dalam pengelolaan limbah medis. Pengetahuan, sikap, dan perilaku petugas medis akan menentukan hasil pengelolaan limbah medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku petugas medis dalam pengelolaan limbah medis padat di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah petugas medis RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh sejumlah 94 orang yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Desember 2017 - 5 Januari 2018. Pengetahuan, sikap, dan perilaku petugas medis diukur dengan wawancara menggunakan kuesioner pengelolaan limbah medis. Penelitian ini menggunakan uji komparasi Wilcoxon dengan nilai α sebesar 0,05 dan confidence interval sebesar 95%. Hasil dari penelitian ini didapatkan pada kelompok perlakuan, hasil uji komparasi Wilcoxon menunjukkan pada aspek pengetahuan nilai p-value sebesar 0,000, pada aspek sikap nilai p-value sebesar 0,000, dan pada aspek perilaku nilai p-value sebesar 0,000, sehingga pada penelitian ini terdapat pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku petugas medis dalam pengelolaan limbah medis padat di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERAWAT PELAKSANA DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DAN NON MEDIS DI RUANG PERAWATAN INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IRA KASMIRA, 2016)

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MENGENAI PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA MEDIS DAN NON-MEDIS DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHOIRUL NADYA APRILIA SAGALA, 2021)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

RANCANG BANGUN LAYANAN WEB (WEB SERVICE) UNTUK APLIKASI REKAM MEDIS PRAKTIK PRIBADI DOKTER (Yusrizal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy