DETEKSI TUMOR OTAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DETEKSI TEPI DAN SEGMENTASI CITRA HASIL MRI (MAGNETIC RESONANCE IMAGING) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DETEKSI TUMOR OTAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DETEKSI TEPI DAN SEGMENTASI CITRA HASIL MRI (MAGNETIC RESONANCE IMAGING)


Pengarang

Wiwik Ayu Ningsih - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308102010004

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang “Deteksi Tumor Otak dengan Menggunakan Metode Deteksi Tepi dan Segmentasi Citra Hasil MRI (Magnetic Resonance Imaging)”. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah program untuk menghasilkan citra dengan kualitas yang lebih baik dan melihat matriks angkanya agar didapat perbandingan jumlah piksel dan didapatkan pula batas area tumor otak. Analisis citra merupakan salah satu metode dalam pengolahan citra digital. Proses prapengolahan citra digital dimulai dari akuisisi data citra, deteksi tepi, dan segmentasi hingga citra siap dianalisis. Analisis citra yang dilakukan dalam hal ini adalah pendeteksian sel tumor otak menggunakan metode segmentasi sampai dengan sel tumor otak dapat dideteksi dan dipisahkan dari latarbelakangnya. Analisis citra juga dapat untuk membedakan citra sel otak yang sakit dan yang sehat dengan menghitung jumlah pikselnya. Program yang dibuat memiliki kemampuan untuk mengenali citra sehingga dapat dihitung jumlah piksel citra sel otak yang sakit dan citra sel otak yang sehat. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa jumlah piksel pada citra yang sakit lebih banyak dari jumlah piksel citra sehat yaitu sebesar 628 untuk citra sakit dan 2 untuk citra sehat. Selain itu batasan antara sel sehat dengan sel tumor terlihat jelas dengan perbedaan digital number.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK