//

ANALISIS PREDIKTOR KETERLAMBATAN KONVERSI SPUTUM PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tiara Merdeka Putri - Personal Name
SubjectTUBERCULOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Konversi sputum merupakan indikator yang digunakan untuk menilai keberhasilan pengobatan tuberkulosis paru. Konversi sputum adalah perubahan hasil pemeriksaan Basil Tahan Asam (BTA) positif menjadi BTA negatif setelah menjalani pengobatan fase intensif. Saat ini diketahui masih terdapat pasien yang belum mengalami konversi sputum setelah pengobatanfase intensif berakhir yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor usia, jenis kelamin dantingkat kepositifan dengan konversi sputum dari penderita Tuberkulosis Paru di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan menggunakan data sekunder yaitu lembar TB-01. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 33 penderita Tuberkulosis Paru. Uji Chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan antara usia, jenis kelamin, dan tingkat kepositifan dengan konversi sputum (p>0,05). Kata kunci: tuberkulosis paru, usia, jenis kelamin, tingkat kepositifan, konversi sputum

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN GAMBARAN KONVERSI SPUTUM BTA DAN FOTO TORAKS PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN DIABETES DAN NON DIABETES DI POLI DOTS RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rika Heldiana, 2017)

PENGARUH ANEMIA TERHADAP KEGAGALAN KONVERSI SPUTUM PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU KASUS BARU YANG MENJALANI PENGOBATAN FASE INTENSIF DI INSTALASI PTT RSUDZA BANDA ACEH (Sarah Fadlaini, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KEPOSITIFAN SPUTUM BTA SEBELUM PENGOBATAN DENGAN KONVERSI SPUTUM BTA SETELAH PENGOBATAN PADA PASIEN TB DI SELURUH PUSKESMAS BANDA ACEH TAHUN 2015 (RISE RAHMINIA ZAHARA, 2017)

HUBUNGAN KINERJA PENGAWAS MINUM OBAT (PMO) DENGAN KETERATURAN BEROBAT PASIEN TB PARU DAN KONVERSI SPUTUM BTA DI RSUDZA BANDA ACEH (Mutiana Safitri, 2016)

HUBUNGAN PENINGKATAN BERAT BADAN FE4NGAN KONVERSI SPUTUM PADA PASIEN TUBERKULOSIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Yaum Aamruna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy