ADSORPSI ION LOGAM MN(II) DAN NETRALISASI PH DARI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ADSORPSI ION LOGAM MN(II) DAN NETRALISASI PH DARI AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI FISIKA


Pengarang

Suci Riski Tami - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304108010039

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Pertambangan (S1) / PDDIKTI : 31201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

660.284 235

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Air asam tambang (AAT) merupakan air tambang dengan nilai pH di bawah 7 atau asam yang berasal dari hasil oksidasi pirit (FeS2). Air asam tambang telah menjadi masalah yang berdampak potensial terhadap industri pertambangan dan lingkungan sekitarnya. Penanganan air asam tambang dapat dilakukan secara aktif dengan mencampurkan suatu material yang mampu menetralisirkan pH dan menyerap logam berat yang dikandungnya. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah zeolit sebagai netralisator sekaligus adsorben logam Mn. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan zeolit dalam netralisasi pH serta kemampuannya untuk mereduksi kadar logam Mn dalam air asam tambang. Metode yang dilakukan yaitu pengaktifan secara fisika dengan memperhatikan pengaruh temperatur aktivasi dan ukuran zeolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zeolit yang diaktivasi pada temperatur 450 oC dan berukuran 100 mesh menjadi kondisi optimum dalam proses penetralisiran pH dan adsorpsi logam Mn. Air asam tambang yang awalnya memiliki pH 3,3 mampu mencapai pH netral dalam waktu 90 menit dengan kecepatan pengadukan 100 rpm dan mampu mereduksi logam Mn sebesar 99,114%. Persamaan kesetimbangan adsorpsi menggunakan zeolit mengikuti isotherm Langmuir dengan R2 sebesar 0,881 dan memiliki kinetika adsorpsi yang sesuai adalah model kinetika orde dua dengan R2 sebesar 1.

Kata kunci: Air asam tambang, adsorpsi, zeolit dan netralisasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK