//

HUBUNGAN DERAJAT KONSUMSI KOPI DENGAN SINDROM DISPEPSIA DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IKA PURNAMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kopi merupakan salah satu minuman yang iritatif bagi saluran pencernaan yang apabila dikonsumsi berlebihan akan dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Kafein yang terkandung didalam minuman kopi dapat meningkatkan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada sistem pencernaan berupa sindrom dispepsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan derajat konsumsi kopi terhadap sindrom dispepsia di Poliklinik Penyakit Dalam di RSUDZA Banda Aceh. Jenispenelitian ini adalah observasinal analitik dengan pendekatancross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive samplingselama bulan November 2017 dengan minimal sampel sebanyak 71 responden. Total jumlah sampel yang didapatkan berjumlah 150 responden. Dari 150 responden, didapatkan 90 responden tidak mengkonsumsi kopi dan 60 responden mengkonsumsi kopi. Hasilanalisis statistik dengan menggunakan uji chi-squarediperoleh p value 0,008 (p0,05) sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan antara derajat konsumsi kopi terhadap sindrom dispepsia di Poliklinik Penyakit Dalam RSUDZA Banda Aceh. Kata Kunci: Sindrom Dispepsia, Derajat Konsumsi Kopi, Kafein

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JENIS SINDROM DISPEPSIA DENGAN STATUS GIZI PASIEN DI BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Haekal, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT MEROKOK TERHADAP SINDROM DISPEPSIA DI BLUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ifanda Nurul Hidayat, 2014)

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

GAMBARAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (WAHYU MEIHANDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy