Optimalisasi Protekai Petir Eksternal Dengan Menggunakan Collection Volume Method (Studi Kasus di Gardu Induk Banda Aceh) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Optimalisasi Protekai Petir Eksternal Dengan Menggunakan Collection Volume Method (Studi Kasus di Gardu Induk Banda Aceh)


Pengarang

Agustriadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0704105010080

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

621.317

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Berdasarkan data dari BMKG, Indonesia memiliki hari guruh rata – rata 180 – 260 per tahun. Dengan karakteristik sambaran petir seperti ini, proteksi petir harus menjadi prioritas pada instalasi gedung, Gardu Induk, perumahan, dan lain – lain. Bagian terpenting pada sistem proteksi petir adalah proteksi petir eksternal atau yang biasa disebut terminal petir (finial). Terminal petir merupakan bagian yang berhadapan langsung dengan sambaran petir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi zona lindung dari finial petir existing dengan menggunakan metode franklin rod dan CVM untuk menghasilkan sistem penangkal petir eksternal yang lebih efisien. Penelitian ini dilakukan di kawasan Gardu Induk Banda Aceh, pada lokasi gardu induk terdapat 3 buah gedung yang berperan penting dalam operasioanal gardu induk, yaitu gedung UP3B, gedung GI, gedung TRAGI dan menara-menara SUTT. Penelitian dilakukan dengan tinjauan ke lapangan untuk mendapatkan kondisi sistem proteksi existing dan mengumpulkan data-data yang diperlukan. Setelah semua data terkumpul, kemudian ditentukan kebutuhan proteksi untuk lokasi uji. Kebutuhan proteksi ini diperlukan untuk mendapatkan level proteksi dari lokasi uji. Berdasarkan hasil analisa didapatkan besar radius zona lindung pada finial petir digedung GI adalah 11.5 m. Kemudian pada gedung TRAGI didapatkan radius zona lindung sebesar 19.3 m dan 15 m. Maka dapat disimpulkan, sistem finial petir dengan metode CVM mampu melindungi GI secara keseluruhan.

Kata Kunci: CVM, GI, Finial, Proteksi, Petir, Zona Lindung, SUTT

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK