//

PENGGUNAAN MEDIA KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK HALUS SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB NEGERI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AIDA FITRI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Fitri, Aida. 2017. Penggunaan Media Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Motorik Halus Siswa Tunagrahita Ringan di SDLB Negeri Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd., (2) Fajriani, S.Pd., M.Ed Kata Kunci: Media Kolase, Kemampuan Gerak Motorik Halus, Tunagrahita Ringan Pada siswa tunagrahita, kemampuan motorik halus sangat diperlukan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari yang mengharuskan mereka untuk belajar lebih mandiri dan tidak terus bergantung kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak motorik halus siswa tunagrahita ringan di SDLB Negeri Banda Aceh melalui penggunaan Media Kolase. Kolase adalah sebuah teknik menempel berbagai macam unsur kedalam satu frame sehingga menghasilkan suatu karya seni yang baru, bahan yang ditempel seperti materi seperti kertas, biji-bijian, kain, daun kering dan sebagainya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus (case study), dengan metode campuran (mixed methods), yaitu metode yang memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek diambil dengan metode purposive sampling yang berjumlah 2 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi melalui tes perbuatan dan menggunakan wawancara. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 14 kali pertemuan, dengan waktu 45 menit/sesi. Hasil penskoran penelitian diperoleh perubahan yaitu skor post-test lebih tinggi daripada skor pre-test. Serta hasil analisis data kualitatif menunjukkan kemampuan gerak motorik halus siswa tunagrahita ringan kualitasnya meningkat dari tahap sebelumnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DENGAN SISWTUNAGRAHITA (KETERBELAKANGAN MENTAL) DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE (Fazil Hidayani, 2020)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA SERBUK KAYU DI TK SATU ATAP TANJUNG SELAMAT KABUPATEN ACEH BESAR (Putri Handayani, 2019)

PENGGUNAAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-FITRAH ACEH BESAR (Hidayatuna, 2019)

MENGEMBANGKAN PILLOW BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI (SERUNGKE NADA, 2021)

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM PASIR BERWARNA DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (Harsila Taniara, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy