//

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PENERIMAAN NYERI KRONIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meisyura Husna Putri - Personal Name
SubjectPAIN
HELATH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nyeri adalah salah satu dampak fisik yang terjadi pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa. Rendahnya penerimaan terhadap kondisi nyeri tersebut, mempengaruhi pengobatan dan kondisi psikologis pasien. Salah satu cara yang dapat membantu penerimaan nyeri kronis adalah adanya self compassion pada diri pasien yaitu sikap mengasihi diri, tidak menghakimi diri dan berfikir secara berlebihan ketika mengalami penderitaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan penerimaan nyeri kronis pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa. Sampel penelitian berjumlah 68 pasien (38 laki-laki dan 30 perempuan). Total 68 pasien dari 2 instalasi hemodialisa didapatkan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience/accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Self Compassion Scale dan Chronic Pain Acceptance Questionnaire Revised. Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman yang menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) = 0,542 dengan nilai signifikansi (p) = 0,000 (p < 0,05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif dan siginifikan antara self-compassion dengan penerimaan nyeri kronis pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi skor self-compassion maka semakin tinggi skor pada penerimaan nyeri kronis, demikian juga sebaliknya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa self-compassion berkaitan secara signifikan terhadap penerimaan nyeri kronis pada pasien. Kata kunci : Self-compassion, Penerimaan nyeri kronis, Gagal ginjal kronis, Hemodialisa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANIRNTERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD)RNDENGAN TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (SRIWAHYUNI, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

HUBUNGAN TEKANAN DARAH PRE HEMODIALISA DENGAN ADEKUASI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS DI RUANG HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNTGK. CHIK DI TIRO SIGLI TAHUN 2014 (muzakir, 2015)

KONSEP DIRI PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DAN CONTINOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (MUSYANATI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy