//

MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DI SMKN 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016-2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iqbal maulana - Personal Name
SubjectSTUDENTS
ADOLESCENT PSYCHIATRY
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulana, Iqbal. 2017. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMKN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Muhammad Jafar, M.Pd (2) Karimuddin, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler, Taekwondo Keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler lebih bergantung pada bakat, minat, dan kebutuhan siswa itu sendiri. Pengembangan diri taekwondo merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling banyak peminat diantara sekian banyak pilihan ekstrakurikuler yang tersedia di SMKN 1 Banda Aceh. Tujuan Penelitian untuk mengetahui apa yang menjadi dasar motivasi peserta didik dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler taekwondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket motivasi menurut Woodworth dan Marquis yang terdiri dari: 1) kebutuhan organik, 2) kebutuhan darurat dan 3) kebutuhan objektif yang terintegrasi dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler taekwondo di SMKN 1 Banda Aceh. Untuk teknik pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh dengan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan jumlah 35 peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis data deskriptif presentase (DP). Hasil penelitian menunjukan: 1) Faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler taekwondo yaitu : kebutuhan-kebutuhan organik, motif-motif darurat, serta motif objektif, 2) Faktor motivasi objektif paling dominan dalam mempengaruhi peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler taekwondo di sekolah dengan persentase rata-rata 81,54% dan 3) Motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler taekwondo termasuk katagori tinggi, saran peneliti untuk peneliti selanjutnya agar dapat meneliti hubungan dari motivasi kebutuhan organis, motivasi darurat dan motivasi objektif terhadap prestasi para taekwondoin

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER CABANG OLAHRAGA DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016 (Agus Maulizar, 2018)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Novita Sari, 2013)

MOTIVASI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Dibra Farras Fahima, 2020)

“PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER”. (PUTRI ALDINA, 2015)

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Julfikar Mosaddeq Bancin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy