//

STUDI TINGKAT RISIKO DALAM PERSPEKTIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PELAKSANAAN PROYEK (Studi Kasus: Pembangunan Gedung Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV (PKP2A IV) LAN-Aceh)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mardha Tillah - Personal Name
SubjectSAFETY ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Upaya perlindungan tenaga kerja diperlukan untuk mewujudkan tercapainya “zero accident” di tempat kegiatan konstruksi. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya penelitian yang dapat digunakan untuk mengetahui sumber,jenis dan akibat terjadinya kecelakaan kerja serta metode pengendaliannya, yang hasilnya dapat digunakan untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja dengan sistem manajemen yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi, sumber, jenis dan akibat terjadinya risiko kecelakaan kerja dan cara pengendaliannya. Studi kasus yang diambil dalam penelitian ini adalah Proyek pembangunan Gedung Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV (PKP2A IV) LAN-Aceh. Metode yang digunakan adalah interview atau wawancara dengan manajer K3. Potensi risiko kecelakaan selama proyek berlangsung ditemukan 58 macam potensi risiko kecelakaan dengan distribusi 13,79% pada pekerjaan tanah, 41,38% pada pekerjaan struktur, 32,76% pada pekerjaan arsitektur, 5,17% pada pekerjaan mekanikal elektrikal dan 6,90% pada pekerjaan sanitasi dan plumbing.Hasil pengolahan data diperoleh 7 macam risiko kecelakaan yang terjadi dari 58 macam risiko kecelakaan yang mungkin terjadi selama proyek berlangsung yang bersumber dari peralatan dan perilaku pekerja. Potensi risiko kecelakaan terbesar terjadi pada pekerjaan struktur. Risiko kecelakaan yang berakibat tidak berat menunjukkan 66,67% dan agak berat sebesar 33,33% dari semua risiko yang terjadi selama proyek berlangsung. Persentase perilaku tidak aman yang terjadi adalah 16,67% pada pekerjaan tanah, 20,83% pada pekerjaan struktur dan 5,26% pada pekerjaan Arsitektur. Kata kunci: Risiko, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Proyek Gedung

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RSUD MEURAXA ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RSUD MEURAXA (Desri Luhonna, 2021)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

GAMBARAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA OLEH P2K3 PT. WASKITA KARYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR ACED TAHAP II DI BANDA ACEH 2011 (Irsan Abubakar, 2021)

KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN BENDUNGAN KRUENG KEUREUTO DI KABUPATEN ACEH UTARA (Helmi, 2016)

KAJIAN KETERLAMATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG PKP2A IV LAN ACEH (Masyitah Jumaidi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy