//

ANALISIS KESIAPSIAGAAN UPTD PUSAT PENANGGULANGAN KRISIS KESEHATAN (P2KK) DINAS KESEHATAN ACEH DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRHAS FARIZI - Personal Name
SubjectEARTHQUAKES - DISASTER SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapsiagaan UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh dalam penanggulangan bencana gempa di Aceh sehingga memiliki keahlian dan keterampilan dalam rangka penanggulangan bencana alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas lapangan UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh. Dengan sampel penelitian yang diambil sebanyak 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden dan wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung kuesioner yang dibagikan kepada petugas lapangan UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh dengan menggunakan rumus presentase, indeks kesiapsiagaan, serta menguji hipotesis dengan perhitungan Chi-Square dan tabulasi silang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan kesiapsiagaan UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh dalam penanggulangan bencana gempa di Aceh sudah siap. Hal ini diperoleh dengan nilai rata-rata dari variabel kesiapsiagaan adalah 79. Dan berdasarkan hasil uji Chi-Square menggunakan SPSS hanya pada variabel sistem peringatan bencana staf Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) saja yang tidak ada pengaruh signifikan dalam penanggulangan bencana gempa di Aceh (P Value = 0,414). Untuk meningkatkan kapasitas staf masih sangat diperlukan pelatihan dan simulasi tentang kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi secara berkelanjutan, dan memantau serta saling menguatkan koordinasi pada 7 sub klaster kesehatan yang saat ini aktif. Dan juga koordinasi lintas sektor antar instansi terkait dan lintas program yang ada didalam lingkup Dinas Kesehatan Aceh sendiri sehingga staf UPTD Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (P2KK) Dinas Kesehatan Aceh lebih kompeten dalam menghadapi yang terjadi. Kata Kunci : Kesiapsiagaan, Staf, UPTD P2KK Dinas Kesehatan Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DALAM WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH (WINDA SALTIRA, 2017)

EFEKTIVITAS PENERAPAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (H A M D A N, 2016)

MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI BAGI DIFABEL DI KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2015 (Muhammad Daud, 2016)

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015)

PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy