//

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA KELUARGA DI DUSUN MALAHAYATI GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang kartina maharani phonna - Personal Name
SubjectOSTEOPOROSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Desember 2013 Lxxv + vi bab + 75 halaman + 20 tabel + 1 skema + 15 lampiran KARTINA MAHARANI PHONNA 0807101060015 HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA KELUARGA DI DUSUN MALAHAYATI GAMPONG PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Masalah osteoporosis telah mencapai tingkat yang perlu diwaspadai. Penderita osteoporosis yang terdapat di Indonesia telah mencapai 19,7% dan berada di urutan terbesar setelah Cina. Pengetahuan mengenai osteoporosis sangat diperlukan karena osteoporosis dapat menyerang berbagai usia. Seseorang yang memiliki pengetahuan mengenai osteoporosis akan mempengaruhi bentuk pencegahan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan upaya pencegahan osteoporosis di Dusun Malahayati Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh tahun 2013. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Jumlah populasi 229 orang, pengambilan sampel dengan metode accidental sampling pada 70 orang responden. Tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner berupa 40 pernyataan dalam bentuk dikotomi dan skala likert. Metode analisis data menggunakan uji Chi-Square. Uji hipotesis, p-value > ∝ (0,05) maka Ho diterima, dan p-value ≤ ∝ (0,05) maka Ho ditolak. Hasil penelitian: ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan upaya pencegahan osteoporosis di Dusun Malahayati Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh tahun 2013 dengan (p-value 0,000), upaya mengkonsumsi kalsium (p-value 0,004), upaya mengkonsumsi vitamin D (p-value 0,004), olahraga (p-value 0,032), kebiasaan hidup (p-value 0,003) dan konsultasi pada petugas kesehatan (p-value 0,017). Disarankan kepada keluarga agar dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan osteoporosis sehingga dapat mencegah atau meminimalisir meningkatnya kejadian osteoporosis. Kata Kunci : Pengetahuan, osteoporosis, Lansia Daftar Bacaan : 30 buku, 7 jurnal, 5 skripsi, 4 artikel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN RISIKO OSTEOPOROSIS PADA WANITA DEWASA AKHIR SUKU ACEH DI RSUDZA (NADIA SAFHIRA PUTRI ANANDA, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERSONAL HYGIENE GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA PEUNITI KEC. BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013 (YENNI MAULIDA, 2014)

HUBUNGAN ANTARA INDEX MASSA TUBUH DENGAN BONE MINERAL DENSITY VERTEBRA LUMBAL DAN NECK FEMUR PADA WANITA MENOPAUSE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Andri Saputra, 2017)

FAKTOR RISIKO OSTEOPOROSIS DITINJAU DARI GAYA HIDUP LANJUT USIA DI DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2013 (novalida siska, 2014)

GAMBARAN UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT(ISPA)PADA KELUARGA BALITA DI GAMPONG SUKARAMAI KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2012 (eka meutia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy