//

PERANCANGAN ULANG BOILER PLTU NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T Kamaruzzaman - Personal Name

Abstrak/Catatan

PLTU Nagan Raya merupakan pembangkit listrik terbesar di Aceh dan ditargetkan dapat memenuhi kebutuhan energi listrik di Aceh. Kerusakan Boiler PLTU Nagan Raya hanya terjadi tiga kali dan semua kerusakan itu terjadi pada pipa waterwall. Kerusakan ini bisa saja terjadi karena factor design. Tujuan dari perancangan ulang ini adalah untuk membandingkan data hasil perhitungan dengan data rancangan dari PLTU Nagan Raya. Metode perancangan ini mengetahui analisa termodinamika dan perpindahan panas yang terjadi, jumlah bahan bakar yang dibutuhkan, dimensi dan material komponen boiler, dan efisiensi boiler. PLTU Nagan Raya menggunakan Boiler UG-430/9.8-M 324B-SMI (WUXI HUAGUAN BOILER POWERPLANT), dan bahan bakar batubara jenis lignite dengan nilai LHV=15146 kJ/kg dan HHV=17754 kJ/kg, laju pemakaian bahan bakar = 76,213 Ton/Jam, tekanan dan temperatur keluar High Temperature Superheater adalah 9,81 MPa dan 540°C, temperatur masuk Economizer = 234°C, dan laju produksi uap = 430 Ton/Jam . Dari perancangan ulang yang dilakukan terdapat perbedaan pada tebal pipa, seperti tebal pipa waterwall PLTU Nagan Raya adalah 5 mm, sedangkan dari perancangan ulang tebal pipa yang sesuai standar ANSI adalah 5,5 mm. Meskipun lebih tipis, tebal pipa Boiler PLTU Nagan Raya masih dikategorikan aman, karena tebal yang digunakan (t) lebih tebal dari tebal pipa yang mampu menahan kerja ketel (tm).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGONTROLAN KUANTITAS DAN KUALITAS BATUBARA OLEH PT.SURVEYOR INDONESIA (PERSERO) DI PLTU NAGAN RAYA, ACEH (Muhammad Andry Pratama, 2018)

PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA (Qamarullah, 2015)

ANALISA UNJUK KERJA BOILER FEED PUMP KAPASITAS 534 M^3/H TEKANAN 9 MPA DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (M. Yusuf, 2017)

PREDIKSI KERUSAKAN GEARBOX COAL FEEDER (GRAVIMETRIC FEEDER) PADA PT. PLN (PERSERO) SEKTOR PEMBANGKIT NAGAN RAYA (INDRA PRIATAMA, 2019)

KAJIAN TERHADAP OPTIMASI SISTEM PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN FEEDWATER HEATER (REZA ANDIKA MAYANA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy