Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA
Pengarang
Erni Fadila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306103040007
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 12 Banda Aceh pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan metode inkuiri terbimbing pada pembelajaran klasifikasi materi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 12 Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan September 2017. Subjek penelitian ini siswa kelas VII yang berjumlah 19 siswa, yaitu 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil aktivitas siswa untuk pertemuan I, pertemuan II, dan pertemuan III berturut-turut adalah sebagai berikut: 74,9%, 78,2%, dan 83,2%. Rata-rata nilai `hasil belajar siswa sebesar 72,11, dikategorikan baik. Ketuntasan siswa secara klasikal adalah 84,2%. Persentase nilai angket tanggapan siswa terhadap penerapan metode inkuiri terbimbing sebesar 82,2% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 12 Banda Aceh pada materi klasifikasi materi dan perubahannya.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, aktivitas siswa, hasil belajar
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)
PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Lestari, 2017)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)