//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA IPS KELAS II SMA NEGERI 1 KOTA BAKTI,PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang islamiah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
ROLE PLAYING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Prestasi belajar, Role Playing. Skripsi ini berjudul” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Ips Kelas II SMA Negeri 1 Kota Bakti,Pidie. Model Pembelajaran Role Playing merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan segala aspek perkembangan pada anak, Karena dapat merangsang daya pikir anak, dan meningkatkan kemampuan Konsentrasi serta memecahkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Berapa besarkah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa IPS Kelas II SMA Negeri 1 Kota Bakti,Pidie.(2) Bagaimana perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Role Playing dengan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Kota Bakti, Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan Belajar Siswa dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Kelas II SMA Negeri 1 Kota Bakti,Pidie. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan field research. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Kota Bakti,Pidie, berjumlah 105 Siswa, Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas II IPS 2 yang berjumlah 30 Siswa dan Kelas II IPS 3 berjumlah 30 Siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengambil dua kelas yaitu kelas II IPS 2 sebagai Kelas eksperimen, sedangkan Kelas II IPS 3 sebagai Kelas kontrol. Cara pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan statistic yang sesuai yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signitifkan α :0,05 dan analisis uji-t berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung =15,74, sedangkan ttabel = 2,60. Adapun kriteria pengujian hipotesis yang digunakan adalah diterima Ha jika thitung > dari ttabel dan ditolak apabila thitung < dari ttabel. Dengan demikian Ha diterima, Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa IPS Kelas II SMA Negeri 1 Kota Bakti, Pidie dengan nilai r(xy)= 0,90.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF ROLE PLAYING TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING (Rizki Yuliana, 2016)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI PERJUANGAN MENCAPAI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 46 RNBANDA ACEH (NURUL FADHILLA, 2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI MENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 14 BANDA ACEHRN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI RNMENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG RNSISWA KELAS III SD NEGERI 14 RNBANDA ACEH (EVINDA, 2014)

THE USE OF ROLE PLAY IN TEACHING STUDENTS' SPEAKING SKILL (Novi Andriani, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI ROLE PLAYING DI SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RENI YUNITA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy