//

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adelia Rahmawita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Hasil belajar Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model problem based learning melalui media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di SMP Negeri 7 Banda Aceh? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar menggunakan model problem based learning melalui media animasi pada materi pesawat sederhana di SMP Negeri 7 banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu VIII-6 sebagai kelas eksperimen, dan VIII-1 sebagai kelas kontrol. Dalam kegiatan mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tertulis atau tes berupa sejumlah soal yang diberikan kepada siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data yang diteliti bersifat homogen atau tidak. Kemudian untuk mengetahui apakah sampel yang diambil terdistribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui adanya atau tidaknya perbedaan pengaruh hasil belajar yang segnifikan antara kelas VIII-6 (eksperimen) dan VIII-1 (kontrol), maka perlu dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji -t (uji pihak kanan) dengan kriteria taraf segnifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai t hitung = 4,44 dan nilai t tabel = 1,67109 dimana thitung >ttabel yang menunjukkan bahwa tolak H 0 dan terima H a. Dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar menggunakan model problem based learning melalui media animasi pada materi pesawat sederhana di SMP Negeri 7 banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG (Nazia Suci, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH. (Cut Dara Alissha, 2018)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (windayani, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD 2 TANOH ABEE RNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT ZAITUN MUNAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy