//

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN NILAI FUNGSI PARU MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALIF FIRDAUS WAFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Indeks Massa Tubuh (IMT) mengukur status gizi secara individu. Salah satu efek dari obesitas adalah gangguan mekanik pada dinding dada sehingga menyebabkan gangguan fungsi paru. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh dengan nilai fungsi paru pada mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan desain crosssectional. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dan diperoleh 72 subjek. Nilai fungsi paru dikategorikan yaitu normal, gangguan ringan, gangguan sedang dan gangguan berat. Analisis univariat digunakan untuk menghitung distribusi frekuensi tiap variabel dan analisis bivariat yang digunakan adalah uji statistik Spearman untuk mengetahui hubungan antara IMT dengan nilai fungsi paru. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara IMT dengan nilai fungsi paru (p = 0,083). Hal tersebut dimungkinkan karena tingkat stres tinggi akibat beban akademik yang dialami mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Berbagai penelitian menunjukkan adanya hubungan hormon yang diproduksi tubuh saat stres pada fungsi paru, selain itu kadar hormon esterogen dan progesteron pada wanita juga berhubungan dengan fungsi paru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa sebagian besar subjek memiliki IMT kategori normal dan nilai fungsi mengalami gangguan. Kata kunci : Wanita, Indeks Massa Tubuh, Nilai Fungsi Paru

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PANJANG SIKLUS MENSTRUASI MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (ALIEF AFRISIAMMY WIJAYA, 2019)

HUBUNGAN INDEKS BRINKMAN DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN HASIL SPIROMETRI PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI POLIKLINIK RSUDZA (RAINA MUZLIFA AR, 2019)

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN TERHADAP INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNSYIAH (indriazel syaputri, 2014)

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010 (Nurmasyitah Iskandar Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy