//

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAT SYAHPUTRA H - Personal Name
SubjectDENGUE FEVER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan permasalahan kesehatan masyarakat terpenting bersifat endemik di daerah tropis dan subtropis yang mana kejadian DBD terjadi sepanjang tahun dan meningkat pada musim penghujan. Peningkatan kejadian DBD dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya ialah perilaku pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dikenal dengan 3M plus. Pada rentang bulan Januari hingga Maret tahun 2017 terjadi kejadian luar biasa (KLB) di Kota Banda Aceh yang mana Kecamatan Jaya Baru merupakan salah satu kecamatan dengan kejadian DBD terbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku PSN dengan kejadian DBD di Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling terhadap 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan kejadian DBD di Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh adalah 34% serta perilaku PSN dikategorikan baik sebesar 51%. Proporsi tidak memiliki riwayat DBD pada kelompok perilaku PSN baik sebanyak 86,3% sementara proporsi riwayat DBD pada kelompok perilaku PSN buruk sebanyak 55,1%. Hasil analisis statistik chi-square menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara perilaku PSN dengan kejadian DBD (RP 4,015; p 0,000; IK 95% 1,929-8,356). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku PSN dengan kejadian DBD di Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Kata kunci: deman berdarah dengue, kejadian DBD, perilaku pemberantasan sarang nyamuk

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (RAHMAT SYAHPUTRA H, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEBERADAAN JENTIK RNAEDES AEGYPTIPADA MASYARAKAT RNDI KECAMATAN KUTA BARO RNKABUPATEN ACEH BESAR (DESSY ELFIANA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

HUBUNGAN GOLONGAN DARAH ABO TERHADAP INFEKSI VIRUS DENGUE (Achmad Kurniawan Almi, 2014)

DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DISTRIBUSI JUMLAH SEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Farriz Ade Rezky, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy