//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS PENYEMBUHAN LUKA SAYATDENGAN MENGGUNAKAN DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L) PADA KULIT MENCIT (MUSMUSCULUSALBINUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismi Azima - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS - AGRICULTURE
VETERINARY MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAH HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS PENYEMBUHAN LUKA SAYAT DENGAN MENGGUNAKAN DAUN KIRINYUH (Euphatorium Odoratum L) PADA KULIT MENCIT (Mus Musculus Albinus) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh daun kirinyuh terhadap proses penyembuhan luka sayat kulit mencit yang diamati secara histopatologi. Penelitian ini menggunakan 27 ekor mencit dengan kriteria: sehat, bobot badan 20-30 gram, berumur 8 minggu dan berjenis kelamin jantan. Penelitian ini menggunakan 3 kelompok perlakuan, yaitu kelompok (P0) sebagai kontrol, kelompok (PI) diberikan gentamicin, dan kelompok (PII) diberikan sari daun kirinyuh. Masing-masing kelompok dilakukan 3 kali pengulangan. Perlakuan dilakukan selama 14 hari. Pengambilan organ kulit dilakukan pada hari ke 3, 7, dan 14. Pembuatan sediaan histopatologi menggunakan pewarnaan haematoksilin dan eosin (HE). Parameter pada penelitian ini adalah pertautan sel-sel epitel bagian dermis dan bagian epidermis dengan pembesaran 100× dan 1000×. Pengamatan histopatologis menggunakan mikroskop cahaya biokuler dan pengambilan gambar dengan menggunakan fotomikrograf. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan histopatologis Pada semua kelompok perlakuan kulit mencit pada hari ke 3 pada masih adanya bidang sayatan luka dengan terlihat pemisahan antara sel epitelium antara dermis dan epidermis. Pada hari ke 7 pada P0 adanya pemisahan epitel, PI adanya korneum dan PII terjadi perbaikan sayatan luka. Pada hari ke 14 semua kelompok sudah terjadi epitelisasi, tetapi P0 dan PI masih ada beberapa tonjolan pada lapisan epidermis, pada PII luka terlihat lebih sempurna pada semua lapisan serta terjadi pertumbuhan folikel rambut. disimpulkan bahwa secara histopatologis daun kirinyuh dapat menyembuhkan luka sayat kulit mencit dibandingkan dengan Gentamicin.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS PENYEMBUHAN LUKA SAYATDENGAN MENGGUNAKAN DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L) PADA KULIT MENCIT (MUSMUSCULUSALBINUS) (Ismi Azima, 2018)

UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) (Nurhasbah, 2016)

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPHATORIUM ODORATUM L) TERHADAP PENYEMBUAHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Khairul Muzadin, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH ( CHROMOLAENA ODORATA L.) TERHADAP PROSES HEMOSTASIS LUKA SUPERFISIAL PADA MENCIT ( MUS MUSCULUS) JANTAN GALUR BALB-C (Randa Andika, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI (VULNUS INCISIVUM) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (INES GUSTI PEBRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy