//

REPRESENTASI NILAI-NILAI SEPARATIS DALAM FILM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM THE HUNGER GAMES MOCKINGJAY)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zoelyanis - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul (Representasi nilai-nilai separatis dalam film (analisis semiotika pada film the hunger games mockingjay). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi nilai - nilai separatis dalam film The hunger games Mockingjay part 1 dan part 2 karya Francis Lawrence. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi secara partisipan. Teknik yang digunakan yaitu non-probability dengan menggunakan purposive sampling melalui tipe criteria sampling dengan menetapkan kriteria tertentu yang disesuaikan dengan permasalahan penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika model Roland Barthes. Melalui model analisi tersebut, peneliti menemukan adanya representasi nilai-nilai separatis dalam film The Hunger Games Mockingjay Part 1dan Part 2. Berdasarkan konsep separatis yang dianalisis, ditemukan 7 scene separatis dalam part 1 dan 3 scene seperatis dalam part 2. Separatis ini sendiri dapat dipahami yaitu sebagai suatu gerakan yang bersifat mengacau dan menghancurkan yang dilakukan oleh suatu golongan atau kelompok pengacau yang bertujuan untuk memisahkan diri dari ikatan suatu negara. Semiotika yang dikaji antara lain membahas apa yang menjadi makna denotatif dalam suatu objek, apa yang menjadi makna konotatif dalam suatu objek serta ditarik makna mitos dari hasil pemaknaan konotatif. Saran untuk penelitian ialah film The Hunger Games Mockingjay Part 1 Dan Part 2 tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk hiburan saja, namun juga dijadikan sebagai sarana informatif dan edukatif bagi penontonnya. Diharapkan juga supaya bisa mengkasilifaksi nilai-nilai positif atau negatif dari film untuk kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Representasi, Separatis, The Hunger Games Mockingjay, Semiotika Roland Barthes.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI PESAN MORAL ISLAM DALAM FILM HIJRAH CINTA (Marhamah, 2016)

ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM “JOY” (Raja Taris Rifky N, 2018)

REPRESENTASI TAYANGAN KEKERASAN PADA FILM KILLERS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (dara phonna, 2016)

REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM FILM IMPERFECT: KARIER, CINTA, DAN TIMBANGAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (NURUL HUDA, 2021)

REPRESENTASI KONFLIK ACEH MELALUI FILM DOKUMENTER (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM DOKUMENTER JALAN PEDANG RI DAN GAM) (Mulia Rahmat, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy