//

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANDINI AMELIA MENTARI - Personal Name
SubjectTEACHING
TEACHERS - ROLE IN GUIDANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mentari, Andini Amelia. 2017. Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling oleh Guru Kelas di sekolah Dasar Negeri 02 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mahmud HR, M.Si (2) Dra. Syarifah Habibah M.Pd Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Bimbingan diberikan untuk membantu dan mengatasi masalah siswa, masalah tersebut diantaranya malas belajar, kurang motivasi dalam belajar, susah memahami pelajaran, mudah tersinggung sehingga menimbulkan perkelahian, suka membeda- bedakan teman bahkan menjauhi teman yang tidak disukainya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda Aceh, (2) Bagaimanakah perkembangan siswa SD Negeri 02 Banda Aceh setelah mendapat layanan bimbingan dan konseling dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas dan dapat mengetahui perubahan siswa setelah mendapatkan layanan bimbingan dan konseling Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah 6 orang guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 02 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil analisis data, peneliti memperoleh informasi bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kelas mencakup kedalam 4 bidang bimbingan dan konseling, yang meliputi bidang bimbingan pribadi, bidang bimbingan sosial, bidang bimbingan belajar, dan bidang bimbingan karier. Pemberian layanan bimbingan dan konseling berdasarkan bidang-bidangnya banyak dilakukan dengan cara memberikan semangat, nasehat, dan motivasi. Simpulan penelitian ini adalah (1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dilakukan oleh masing-masing guru kelas dengan menggunakan teknik electic counseling. (2) Hasil bimbingan yang diperoleh adalah perubahan sikap dan kemampuan yang ditunjukkan siswa kearah yang lebih baik. Tetapi perkembangan siswa tidak dicatat oleh guru secara bertahap. Tetapi guru hanya melihat keseluruhan dari tingkah laku siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BANDA ACEH (ANDINI AMELIA MENTARI, 2018)

KETERLIBATAN PERSONIL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (ADE AGUSTINA, 2019)

PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Munirayati, 2018)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (CUT FARADILLA, 2019)

MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (M. Ramzi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy