ISOLASI, KARAKTERISASI DAN BIOAKTIVITAS SENYAWA DARI OSCILLATORIA SP. SEBAGAI ANTI-DORMAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ISOLASI, KARAKTERISASI DAN BIOAKTIVITAS SENYAWA DARI OSCILLATORIA SP. SEBAGAI ANTI-DORMAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI


Pengarang

Khairunnisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1411101010014

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Penelitian mengenai isolasi, karakterisasi dan bioaktivitas senyawa dari ekstrak Oscillatoria sp. sebagai anti-dorman bakteri Escherichia coli telah selesai dilakukan pada bulan Desember 2017 di Laboratorium Kimia Laut, Universitas Syiah Kuala dan Laboratorium Kimia Bahan Alam, Universitas Osaka, Jepang. Metabolit bioaktif diisolasi berdasarkan bioaktivitas melalui beberapa tahapan kromatografi. Hasil dari interpretasi data spektrum FTIR menunjukkan metabolit bioaktif memiliki gugus fungsi N-H amina stretching assymetric pada 3434,6 cm-1 dengan konfirmasi gugus C-N amina pada daerah fingerprint 1462,7 cm-1 yang mengindikasikan bahwa senyawa metabolit aktif merupakan senyawa alkaloid. Interpretasi data spektrum LCMS-ESI menunjukkan senyawa bioaktif memiliki berat molekul 982,0037 m/z dengan formula molekul C53H87N10O8 yang merupakan senyawa homolog microcystin. Bioassay terhadap bakteri dorman Escherichia coli menunjukkan aktivitas senyawa alkaloid ini pada dosis 5 µg/mL.

Kata Kunci : Escherichia coli, Oscillatoria sp., Alkaloid, Anti-dorman
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK