//

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG PUBLIK TEPI PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Roni Oscar S - Personal Name
SubjectCITY PLANNING - CIVIC ART
SPATIAL PLANNING - ARTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak : Banda Aceh merupakan kota yang berusaha memenuhi kebutuhan ruang publik bagi masyarakatnya. Salah satu wilayah Kota Banda Aceh yang sedang tumbuh berkembang sebagai ruang publik adalah tepi pantai Ulee Lheue. Hal ini sesuai dengan RTRW Kota Banda Aceh Tahun 2009-2029 Pasal 58, yaitu: pengembangan kawasan wisata dan ruang publik diarahkan pada kawasan bekas normalisasi Krueng Aceh (Pante Riek dan Lambhuk) dan Ulee Lheue. Penelitian ini bertujuan mengkaji pemanfaatan ruang publik pada tepi pantai Ulee Lheue serta optimasi penataan ruang publik tepi pantai Ulee Lheue. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kombinasi (mixed methods), dimana data kualitatif dikonversi ke dalam data kuantitatif menggunakan analisis pembobotan dengan menggunakan skala Likert. Pengumpulan data terbagi menjadi pengumpulan data primer dan data sekunder. Kuesioner dibagikan kepada responden menggunakan teknik simple random sampling. Responden berasal dari pengunjung dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang besaran sampelnya ditentukan dengan rumus Slovin. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan software Microsoft Excel. Wawancara dilakukan terhadap 7 (tujuh) narasumber yang mengetahui tentang ruang publik tepi pantai Ulee Lheue. Data sekunder diperoleh dari instansi dan sumber data lain yang terkait penelitian. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk mengkaji kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki serta mengkaji peluang dan ancaman eksternal terhadap ruang publik tepi pantai Ulee Lheue. Hasil penelitian menunjukkan tepi pantai Ulee Lheue memiliki peran yang strategis dalam membentuk wajah pariwisata Kota Banda Aceh namun dalam pemanfaatannya masih belum dikelola secara maksimal. Peningkatan fungsi tepi pantai Ulee Lheue dapat dilakukan dengan cara menata ulang fisik kawasan dan manajemen pengelolaannya dengan melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung serta melakukan maintenance secara disiplin sehingga sesuai dengan peruntukannya sebagai kawasan wisata dan ruang publik Kota Banda Aceh. Kata kunci : tepi pantai Ulee Lheue, ruang publik, pemanfaatan dan penataan kawasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENATAAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG ACEH DI TINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH (indra moulwian, 2015)

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG TEPI SUNGAI KRUENG ACEH KOTA BANDA ACEH (Rahmat, 2018)

ANALISIS ANGKA PENGGANDA PADA PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT: STUDI KASUS PANTAI ULEE LHEUE DAN LAMPUUK (Afriwanda, 2016)

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (M.Adi Kusuma Rayesh, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DIKAWASAN RNPANTAI ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXARNKOTA BANDA ACEH (Erni Fitriyanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy