Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH
Pengarang
INA NILLAILI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306104040046
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nillaili, Ina. 2017.Persepsi Guru Tentang Mata Pelajaran SBdP dalam Kurikulum 2013 Di SD Negeri 12 Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra.Rosma Elly, M.Pd., (2)Nurmayitah, S.Pd., M.Ed
Kata Kunci: Persepsi guru, Mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013
Untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan prakarya dalam melaksanakan kurikulum 2013, guru dituntut lebih menguasai dan memahami bukan saja hanya sekadar teori, tetapi praktik seni budaya dan prakarya sesuai cakupan materi yang telah dirumuskan dalam kurikulum sehingga menimbulkan persepsi guru tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013. Rumusan masalah adalah bagaimanakah persepsi guru tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 di SD Negeri 12 Banda Aceh. Tujuannya untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 di SD Negeri 12 Banda Aceh.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian bersumber dari guru kelas di SD Negeri 12 Banda Aceh. Subjek Penelitian ini adalah guru kelas di SD Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah dua belas guru kelas.Data ini diperoleh melalui wawancara dan angket. Data diolah dengan rumus statistik sederhana yaitu deskriptif persentase.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa empat puluh satu koma enam puluh tujuh persen guru kelas menjawab sangat setuju mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 dilaksanakan di sekolah, sedangkan guru kelas yang menjawab setuju mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 sebesar lima puluh delapan koma tiga puluh tiga persen. Persepsi guru kelas yang setuju tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 yang berjumlah sebanyak tujuh orang guru kelas dan persepsi guru kelas yang sangat setuju tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 sebanyak lima orang guru kelas.Berdasarkan data yang diperoleh dari dua belas responden maka total skor yang diperoleh lima puluh tiga. Pengolahan data adalah menggunakan reduksi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan dan persentase. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang mata pelajaran SBdP dalam kurikulum 2013 di SD Negeri 12 Banda Aceh sudah dilaksanakan sepenuhnya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERSEPSI GURU EKONOMI TERHADAP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Riska Susanti, 2018)
PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RISNA ZULVA, 2014)
EVALUASI PENERAPAN PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13 GURU PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI RNKABUPATEN ACEH TENGAH (Saini Mulia, 2022)
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH (Sri Rizki Fitria, 2016)
KEMAMPUAN PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN IPA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KABUPATEN PIDIE (NURMASYITHAH, 2018)