PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Syarifah Riska - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Riska, Syarifah. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dengan Model Pembelajaran Tutor
Sebaya Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) M. Okta Ridha Maulidian, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci:perbandingan,hasil belajar,everyone is a teacher here,tutor sebaya,geografi
Penelitian ini berkaitan dengan membandingkan hasil belajar siswa dari
penerapan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran everyone is a teacher
here dan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran geografi di SMA
Negeri 3 Banda Aceh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih
baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri
3 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher
here lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Geografi Kelas
XI SMA Negeri 3 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri
3 Banda Aceh yang berjumlah 296 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik sampling purposive, diambil hanya dua Kelas yaitu Kelas XI IS 1 sebanyak 22
siswa dan Kelas XI IS 2 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa
pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data
dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan data penelitian
diperoleh thitung = 5,58 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 40,
artinya sesuai dengan kriteria thitung>ttabel atau 5,58 > 1,68 sehingga Ha diterima.
Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa mata pelajaran
Geografi yang diajarkan dengan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih
baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tutor
sebaya pada siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK