//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL BINAAN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hanifah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
EXCRETORY ORGANS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pembelajaran fisika disekolah sering mengalami kendala, sehingga hasil belajar siswa rendah. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang cocok, serta teknik pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga siswa menjadi tidak tertarik untuk belajar fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa XI SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Desain yang digunakan yaitu Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian Pre-Test dan Post-Test. Hasil Pre-Test dan Post-Test dari kedua kelas tersebut di uji normalitas dan uji homogenitas. Nilai Post-Test di lakukan uji t. Uji t yang digunakan yaitu uji pihak kanan dan diperoleh nilai t_hitung>t_tabel atau 2,48>1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKAE A MATCH DAN TIPE SCRAMBLE PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP PKPU ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012 (Rita Handayani, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOEFERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KELAS X1 SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Masitah, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUKU BANYAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEOSCRIBE DI SMA N UNGGUL BINAAN BENER MERIAH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Fitra Arif Munandar, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE WORD SQUARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SCRAMBLE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fitria Ilmita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy