//

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU RAWA BETINA DI KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulidani - Personal Name
SubjectHISTOLOGY
REPRODUCTION - ANIMALS
ACEH SELATAN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak. Suatu penelitian tentang karakteristik reproduksi kerbau rawa betina di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui kemampuan reproduksi kerbau rawa betina di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan. Lokasi penelitian ini meliputi empat desa yaitu: Pasie Kuala Asahan, Fajar Harapan, Krueng Batee dan Pulo Ie.I. Penentuan desa penelitian dilakukan setelah dilakukan pra penelitian terlebih dahulu dengan mengetahui informasi dari kantor kecamatan dan kepala desa setempat bahwa, beberapa peternak yang dapat dijadikan responden memiliki ternak kerbau yang sesuai untuk diambil sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan melibatkan 40 peternak kerbau rawa betina sebagai responden. Penentuan responden secara purpossive sampling, dengan persyaratan minimal peternak memelihara lebih dari dua ekor kerbau yang telah beranak dua kali dan pengalaman peternak lebih dari satu tahun. Data yang dikumpulkan yaitu karakteristik reproduksi kerbau mencakup: umur pubertas, umur pertama dikawinkan, umur beranak pertama, jarak beranak, rasio jenis kelamin kelahiran anak jantan dan betina dan persentase anak kerbau jantan dan betina. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menghitung nilai rataan dan persentase, dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur pubertas kerbau di Kecamatan Kluet Utara adalah pada 36,61 bulan, umur kawin pertama 37,02 bulan, rata-rata umur kerbau melahirkan anak pertama sekali pada umur 47,48 bulan, dengan rata-rata jarak kelahirannya 18,26 bulan, sex rasio anak jantan dan betina 1:1,2.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU BETINA DI KECAMATAN SINGKIL UTARA KABUPATEN ACEH SINGKIL (Riska Maulani, 2018)

KELAYAKAN USAHA PERTANIAN KACANG TANAH DI KECAMATAN KLUET UTARA DAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Zulkarnain, 2020)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK SE-KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (AFRIDA SAFITRI, 2015)

MANAJEMEN GURU PENJAS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SD NEGERI SE KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013 (MUSDAR, 2015)

KERAGAMAN REPRODUKSI KERBAU LOKAL BETINA PADA KONDISI PETERNAKAN RAKYAT DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (MUTAWALLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy