//

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI INFARK DENGAN KENAIKAN SKOR BARTHEL INDEX PADA PASIEN STROKE ISKEMIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rabina Mulia Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prediksi yang tepat mengenai prognosis pasien stroke yang terjadi secara akut sulit untuk dilakukan pada pasien stroke yang memiliki defisit neurologis yang berat terutama fungsi motorik. Kerusakan yang terjadi pada masing–masing komponen sistem saraf pasien penderita stroke menyebabkan defisit motorik dan bergantung pada lokasi serta luasnya lesi infark. Pasien yang mengalami gangguan fungsi vital otak, dapat menurunkan kemampuan aktivitas fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lokasi dan luas lesi infark dengan kenaikan skor indeks barthel pada pasien stroke iskemik di RSU Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis Penelitian adalah observational study dengan desain cross sectional. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Oktober hingga Desember 2017 di Ruang Rawat Inap dan Instalasi Gawat Darurat RSUDZA Banda Aceh. Lokasi dan lesi dilihat dari CT-Scan pasien sedangkan kenaikan Indeks Barthel dinilai menggunakan kuisioner Indeks Barthel.Data dari hasil penelitian ini di analisis dengan menggunakan uji kruskal-wallis dan chi-square.Besar sampel yaitu 40 orang terdiri dari 21 orang (52,5%) laki-laki dan 19 orang (47,5%) perempuan. Berdasarkan lokasi lesi didapatkan rerata skor indeks barthel TACI 9,00, PACI 23,18, LACI 19,55, POCI 25,00 sedangkan luas lesi, lesi lakunar mengalami kenaikan skor indeks barthel 75% dan lesi teritorial 78,6%. Berdasarkan uji kruskal-wallis didapatkan p value 0,007, berarti dapat disimpulkan terdapat hubungan antara lokasi lesi dengan kenaikan skor indeks barthel. Berdasarkan uji chi square didapatkan p value 1,000, berarti dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan antara luas lesi dengan kenaikan skor indeks barthel pada pasien stroke iskemik. Kata kunci: lokasi dan luas lesi, kenaikan skor indeks barthel, stroke iskemik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA LUAS LESI INFARK DAN SINDROM DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Umi Hazzar Nasution, 2016)

HUBUNGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DENGAN LESI INFARK (Satria Utama, 2015)

HUBUNGAN JUMLAH LEUKOSIT DAN LOKASI INFARK DENGAN DERAJAT KESADARAN DAN DEFISIT NEUROLOGI MOTORIK PADA STROKE ISKEMIK AKUT (Sujie Pratiwi, 2014)

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI BERDASARKAN HASIL COMPUTED TOMOGRAPHY DENGAN SKOR NIHSS PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT DI RSUDZA (T. ICHSAN, 2019)

HUBUNGAN TIPE INFARK DENGAN KEMAMPUAN ADL (ACTIVITY OF DAILY LIVING) DASAR PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT (afnidawati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy