DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

said razi sandika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1210103010064

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Politik (S1) / PDDIKTI : 67201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
SAID RAZI SANDIKA, 2017

DAMPAK PEMEKARAN TERHADAP
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI
KECAMATAN LEMBAH SABIL
KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Syiah Kuala
(xiii.), pp., bibl., app.)
(Dr. Husaini Ibrahim, MA)

Kecamatan Lembah Sabil meruapakan salah satu kecamatan yang berada di
wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya yang merupakan kecamatan hasil pemekaran
dari Kecamatan Manggeng. Kecamatan Lembah Sabil dapat dikatakan sebagai
salah satu kecamatan hasil pemekaran yang belum mampu memberikan kualitas
pelayanan yang baik kepada masyarakat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas pelayanan publik di kantor Kecamatan Lembah Sabil
Kabupaten Aceh Barat Daya setelah pemekaran, serta untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pelayanan publik di
Kantor Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini diperoleh dengan melakukan penelitian, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemekaran Kecamatan Lembah
Sabil belum mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,
setelah adanya pemekaran kecamatan ada beberapa aspek pelayanan publik yang
sudah bisa dirasakan oleh masyarakat yaitu aspek kesederhaan dan keramahan,
aspek kemudahan akses mendapatkan pelayanan, dan aspek keadilan yang merata
atau kesamaan hak dalam memperoleh pelayanan. Tetapi ada juga beberpa aspek
pelayanan yang diberikan oleh pihak kecamatan Lembah Sabil yang belum
terealiasai dengan baik sesuai dengan tuntutan dan kebutan masyarakat dalam
mendapat pelayanan yang efektif dan efesien dari pemerintah yaitu aspek kejelasan
dan kepastian pelayanan dan aspek kenyamanan pada saat melakukan pelayanan di
kantor Kecamatan Lembah Sabil. Penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor
Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya perlu ditingkatkan baik dari
segi kualitas maupun kuantitasnya.Kendalan dalam pelaksaan pelayanan publik di
Kantor Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya disebabkan oleh
sarana dan prasarana kantor yang belum memadai, serta kurangnya pegawai
kecamatan yang bisa menguasai alat bantu pelayanan. Diharapkan agar pihak
pemerintah Kecamatan Lembah Sabil dapat memberikan pelayanan yang lebih baik
lagi kepada masyarakat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Kata Kunci : Dampak Pemekaran, Kualitas Pelayanan Publik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK