//

GAYA BUSANA PRE WEDDING POPULER DI KALANGAN CALON PENGANTIN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZURRIYYATINA MEUTIA - Personal Name
SubjectCLOTHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zurriyyatina Meutia. 2017. Gaya Busana Pre Wedding Populer di Kalangan Calon Pengantin Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala Pembimbing: (1) Dra. Fikriah Noer, M.Pd (2) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd Kata kunci: Gaya Busana, Populer, Calon Pengantin, Busana Pre Wedding Busana Pre Wedding adalah busana yang dikenakan calon pengantin pada saat sesi pemotretan pre wedding dengan tujuan untuk membuat kenang-kenangan sebelum pernikahan dan dipajang saat resepsi pernikahan. Biasanya busana pre wedding memiliki banyak model seperti busana pesta, casual, dan couple. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan calon pengantin Aceh mengikuti trend foto pre wedding, gaya busana yang dipakai saat pre wedding dan pandangan calon pengantin terhadap pre wedding yang bertentangan dengan syariat Islam. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif dengan subjek penelitian lima pasangan calon pengantin dan dua orang fotografer pre wedding. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa trend busana pre wedding disebabkan oleh faktor media sosial, faktor lingkungan dan gaya hidup modern yang menyebabkan sebagian besar calon pengantin mengikuti kegiatan foto pre wedding. Pada umumnya responden dalam mengkreasikan busana pre wedding memperoleh ide atau inspirasi dari media sosial, telivisi dan majalah-majalah. Busana pre wedding yang kebanyakan dikenakan adalah busana pesta dan busana kasual, sebagian kecil calon pengantin juga memakai busana dengan konsep gaun pengantin dan busana kerja yang sesuai dengan profesi calon pengantin. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebagian besar calon pengantin tidak menggunakan busana yang sesuai syariat Islam, busana-busana yang dikenakan melanggar anjuran-anjuran yang telah ditetapkan untuk berbusana yang Islami. Kesimpulan dari penelitian ini adalah trend foto pre wedding sangat diminati calon pengantin pada saat ini. Hampir semua calon pengantin sebelum acara pernikahan akan melakukan foto-foto pre wedding.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN MODE BUSANA PERNIKAHAN GAYA BARAT BAGI PENGANTIN WANITA ACEH (Murniah, 2014)

PEMAKAIAN BUSANA PENGANTIN ACEH MODIFIKASI DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Cut Ade Meriskha, 2016)

MINAT CALON PENGANTIN TERHADAP WARNA KHAS BUSANA TRADISIONAL ACEH (STUDI KASUS PADA CALON PENGANTIN ACEH) (RADHIAH SAFITRI, 2019)

GAYA BUSANA ADAT PENGANTIN TAMIANG DALAM UPACARA PERKAWINAN DI DESA KEBUN TANAH TERBAN KECAMATAN KARANG BARU ACEH TAMIANG (Tiara , 2016)

MAKNA SIMBOLIK PADA BUSANA PENGANTIN TRADISIONAL PRIA DAN WANITA DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN DI DESA SUBULUSSALAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Dede Anggi Riana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy