//

PENAMBAHAN TEPUNG CANGKANG TELUR PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISRA SAFRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung cangkang telur pada pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih udang windu.Penelitian dilakukan diBalai Perikanan Budidaya Air Payau Ujung Batee, Kabupaten Aceh Besar pada bulan Juni sampai Juli 2017. Udang uji yang digunakan adalah benih udang winduPL 12. Pakan yang digunakan adalah pakan buatan dengan kadar protein 42%. Pemberian pakan sebanyak 5% dari bobot tubuh dengan frekuensi 3 kali sehari pada pukul 08.00, 14.00 dan 18.00 WIB. Pemeliharaan benih udang windu dilakukan dalam akuarium yang dilengkapi dengan instalasi aerasi dan dipelihara selama 30 hari. Analisis statistik menggunakan ANOVA. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 taraf perlakuan 4 ulangan. Perlakuan yang dilakukan adalah penambahan tepung cangkang telur dengan dosis yang berbeda pada 1 kg pakan, diantaranya; A (0%), B (3%), C (6%), D (9%) dan E (12%). Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur pada pakan memberikan pengaruh nyata bagi pertumbuhan beratmutlak, pertumbuhan berat spesifik, pertumbuhan panjang dan kelangsungan hidup benih udang windu. Uji lanjut Tukeydan Duncan menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur pada perlakuan A dosis 0% (tanpa penambahan tepung cangkang telur), memberikan hasil yang terbaik dari segi pertumbuhan berat mutlak yaitu 0,0301±0,0013gram, pertumbuhan berat spesifik 12,82±0,16%, pertambahan panjang 12,41±0,56 mm dan kelangsungan hidup 94,17±1,66%. Hal ini menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur belum dapat dijadikan sebagai sumber kalsium pada pakan benih udang windu karena semakin tinggi dosis tepung cangkang yang ditambahkan maka pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang windu akan semakin rendah. Kata kunci:Udang windu (Penaeus monodon), tepung cangkang telur, pertumbuhan dan kelangsungan hidup.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENAMBAHAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) (MEUTIA RAHMAWATI, 2017)

PENGARUH JENIS PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) PADA STADIA ZOEA DAN MYSIS (MARIANA, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN RABAL (RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT) BUAHPADA KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUSMONODON) (IRMA SYAHFITRI, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN KONSENTRASI BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, RASIO PAKAN DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS SEL USUS BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON FAB.) (Nadhira Alamanda, 2020)

SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (MAIDA YANTI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy