PENAMBAHAN TEPUNG CANGKANG TELUR PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENAMBAHAN TEPUNG CANGKANG TELUR PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)


Pengarang

ISRA SAFRIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1311102010042

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Budidaya Perairan (S1) / PDDIKTI : 54243

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung cangkang telur pada pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih udang windu.Penelitian dilakukan diBalai Perikanan Budidaya Air Payau Ujung Batee, Kabupaten Aceh Besar pada bulan Juni sampai Juli 2017. Udang uji yang digunakan adalah benih udang winduPL 12. Pakan yang digunakan adalah pakan buatan dengan kadar protein 42%. Pemberian pakan sebanyak 5% dari bobot tubuh dengan frekuensi 3 kali sehari pada pukul 08.00, 14.00 dan 18.00 WIB. Pemeliharaan benih udang windu dilakukan dalam akuarium yang dilengkapi dengan instalasi aerasi dan dipelihara selama 30 hari. Analisis statistik menggunakan ANOVA. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 taraf perlakuan 4 ulangan. Perlakuan yang dilakukan adalah penambahan tepung cangkang telur dengan dosis yang berbeda pada 1 kg pakan, diantaranya; A (0%), B (3%), C (6%), D (9%) dan E (12%). Hasil uji ANOVA menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur pada pakan memberikan pengaruh nyata bagi pertumbuhan beratmutlak, pertumbuhan berat spesifik, pertumbuhan panjang dan kelangsungan hidup benih udang windu. Uji lanjut Tukeydan Duncan menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur pada perlakuan A dosis 0% (tanpa penambahan tepung cangkang telur), memberikan hasil yang terbaik dari segi pertumbuhan berat mutlak yaitu 0,0301±0,0013gram, pertumbuhan berat spesifik 12,82±0,16%, pertambahan panjang 12,41±0,56 mm dan kelangsungan hidup 94,17±1,66%. Hal ini menunjukan bahwa penambahan tepung cangkang telur belum dapat dijadikan sebagai sumber kalsium pada pakan benih udang windu karena semakin tinggi dosis tepung cangkang yang ditambahkan maka pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang windu akan semakin rendah.

Kata kunci:Udang windu (Penaeus monodon), tepung cangkang telur, pertumbuhan dan kelangsungan hidup.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK