PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN FERMENTASI MENGANDUNG AZOLLA SP TERHADAP KUALITAS SEMEN PEJANTAN KAMARAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN FERMENTASI MENGANDUNG AZOLLA SP TERHADAP KUALITAS SEMEN PEJANTAN KAMARAS


Pengarang

Ralimah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305104010031

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Peternakan (S1) / PDDIKTI : 54231

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan fermentasi yang tersusun dari Azolla + dedak padi + dedak jagung dan bungkil kedelai sebagaai substitusi sebagian ransum komersial terhadap kualitas semen ayam pejantan kamaras. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP), Universitas Syiah Kuala, tanggal 15 Februari sampai dengan 14 April 2017. Penelitia ini menggunakan ayam pejantan Kamaras sebanyak 12 ekor. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Ransum perlakuan adalah ransum komersil yang disubstitusi dengan bahan pakan fermentasi berbahan 15% Azolla sp. Sebanyak 0, 5, 10, dan 15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan pakan fermentasi (yang tersusun dari Azolla sp. 15% + dedak padi 40% + dedak jagung 25% + bungkil kedelai 20%) kualitas baik terdapat pada perlakuan (P2) pemberian pakan fermentasi 10%. Dengan ciri-ciri yang baik karena semen berwarna putih susu dengan konsistensi kental; pH semen normal rataan 7,53; volume semen yaitu 0,27 ml; dengan gerak massa yang baik (2); abnormalitas spermatozoa dibawah 25% yaitu 1,90%; konsentrasi spermatozoa yang tinggi yaitu 178,8 X106 sel/ml dan persentase sperma hidup yaitu 84,7%. Secara umum, rataan pemberian pakan fermentasi pada ayam Kamaras terhadap perlakuan menghasilkan kualitas semen yang tidak beda jauh hasilnya dari pakan yang kontrol (standar). Hal ini dikarenakan, pengamatan kualitas spermatozoa dilakukan pada satu bulan pertama sejak ayam mulai memasuki masa dewasa kelamin (7-8 bulan).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK