//

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG TEPI SUNGAI KRUENG ACEH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat - Personal Name
SubjectCITY PLANNING - CIVIC ART
RIVERS - LANDSCAPE ARCHITECTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak : Sungai Krueng Aceh yang mengalir melalui pusat Kota Banda Aceh menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi tumbuh dan berkembangnya Kota Banda Aceh, memiliki peran yang strategis dalam mendukung aktivitas perkotaan dan memiliki potensi keindahan yang sangat besar dalam pembentukan wajah kota dan peningkatan kualitas ruang Kota Banda Aceh. Sungai Krueng Aceh merupakan salah satu elemen ruang kota yang dapat dijadikan dasar bagi pengembangan waterfront city. Dalam penataan dan pengembangannya terhadap fungsi tepi sungai sebagai kawasan waterfront city tidak berjalan secara optimal dan dikhawatirkan tidak sesaui dengan arahan RTRW. Pemanfaatan ruang pada kawasan tepi sungai Krueng Aceh belum tertata dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana pemanfaatan ruang kawasan tepi sungai Krueng Aceh terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banda Aceh tahun 2009-2029, merumuskan strategi optimalisasi penataan dan pengembangan kawasan tepi sungai Krueng Aceh sebagai kawasan tepi air (waterfront) Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods), dimana data kualitatif didukung dengan pengolahan data kuantitatif, metode yang digunakan untuk pengukuran dengan skala Likert, serta analisis data secara analisa SWOT terhadap data primer dan data sekunder. Hasil analisis SWOT diperoleh 3 (tiga) alternatif strategi yaitu: 1) Mengeluarkan regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) sebagai turunan dari RTRW Kota Banda Aceh 2009-2029 yang mempertegas fungsi kawasan tepi sungai Krueng Aceh sebagai kawasan waterfront dan melaksanakannya sebagai guidelines secara konsekuen., 2) Optimalisasi pemanfaatan ruang kawasan tepi sungai Krueng Aceh melalui penataan dan pengembangan kawasan waterfront, 3) Meningkatkan manajemen pengelolaan dan pengawasan dalam penataan dan pengembangan kawasan tepi air (waterfront) Krueng Aceh. Kata Kunci: Sungai Krueng Aceh, Waterfront City, Tepi Sungai, RTRW, Kota

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENATAAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG ACEH DI TINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH (indra moulwian, 2015)

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG PUBLIK TEPI PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (Roni Oscar S, 2018)

SHOPPING MALL DAN CITY HOTEL DI BANDA ACEH (Sri Mellina Ariesty, 2013)

PERANCANGAN SEKOLAH INKLUSI DI BANDA ACEH (Cut Sannas Saskia, 2016)

IDENTIFIKASI TUMBUHAN DAN EVALUASI PEMANFAATAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG LAMNYONG PROVINSI ACEH (EKA PUSPITA SARI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy