//

SISTEM BAGI HASIL KAPAL TANGKAPAN IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Fadhil - Personal Name
SubjectINCOME
FISHERMAN
AGRICULTURE - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Muhammad Fadhil. 1305102010046. Sistem Bagi Hasil Kapal Tangkapan Ikan Di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh di bawah bimbingan Bapak Ir. T. Fauzi, M. Agr sebagai ketua dan Bapak Dr. Ir. Azhar, M. Sc sebagai anggota. RINGKASAN Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi kekayaan alam yang cukup besar terutama di sektor perikanan. Sektor perikanan telah menjadi salah satu sektor andalan Provinsi Aceh karena itu pengembangan sektor perikanan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Aceh sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi secara umum, khususnya di Provinsi Aceh. Banyaknya masyarakat yang menjadikan kawasan pantai sebagai kawasan tempat tinggal menjadi permasalahan yang harus dihadapi. Penelitian sistem bagi hasil kapal tangkapan ikan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tangkapan ikan , serta untuk mengetahui sistem pembagian hasil tangkapan antara nelayan tauke dengan nelayan penggarap di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh. Penentuan lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa daerah penelitian tersebut merupakan pelabuhan terbesar di daerah Banda Aceh. Objek dari penelitian ini adalah pemilik kapal, tauke bangku, kapten kapal dan ABK kapal 30-70 GT. Metode pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling) dengan alasan sifat populasi didaerah penelitian relatif homogen. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 22 kapal dengan ukuran 30-70 GT dengan jumlah sampel sebanyak 22 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tangkapan kapal dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa lama melaut, daerah tangkapan dan jumlah ABK berpengaruh secara nyata terhadap hasil tangkapan kapal 30-70 GT di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh. Pada hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel lama melaut, daerah tangkapan dan jumlah ABK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil tangkapan kapal di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh, sedangkan pada uji R bahwa ketiga variabel tersebut mempengaruhi hasil tangkapan sebesar 96,50% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar model. 2 Sistem pembagian hasil tangkapan kapal 30-70 GT menggunakan alat tangkap purse seine di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh diperoleh dari perjanjian yang dibuat dan disepakati secara seksama antara nelayan pemilik dan nelayan penggarap. Dan biasanya perjanjian ini sudah berlaku secara turun menurun atau sudah menjadi sebuah budaya di Pelabuhan Perikanan Lampulo Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PANJANG ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO, ACEH (Khairul Anwar, 2017)

KELAYAKAN LUAS KOLAM PELABUHAN PERIKANAN PANTAI LAMPULO KURUN WAKTU 10 TAHUN KEDEPAN (Muchraja Ilham, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO (Sarwita, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA IKAN CAKALANG DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MAY SETYO NINGSIH, 2020)

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Leni Afriani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy