//

ANALISIS PENGGUNAAN KATA PADA JUDUL BERITA TABLOID TABANGUN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Juwita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Analisis, Penggunaan Kata, Tabloid Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Kata pada Judul Berita Tabloid Tabangun Aceh”. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah ketepatan diksi dalam judul berita tabloid Tabangun Aceh, (2) bagaimanakah kesesuaian diksi dalam judul berita tabloid Tabangun Aceh, (3) bagaimanakah kelaziman diksi dalam judul berita tabloid Tabangun Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian ini berupa judul-judul berita dalam tabloid Tabangun Aceh. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa judul berita dari bulan Oktober s.d. April 2016 atau terhitung dari edisi 51 s.d. 53. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyeleksi atau memilah judul berita dari setiap edisi secara cermat. Peneliti melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti setiap sumber data yaitu serangkaian kata-kata dalam perumusan judul berita tabloid Tabangun Aceh dalam rangka memperoleh data. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan ketidaktepatan, ketidaksesuaian, dan ketidaklaziman penggunaan kata dalam perumusan judul berita tablid Tabangun Aceh tidak sepenuhnya sesuai dengan kriteria penggunaan kata. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan kata pada judul berita tabloid Tabangun Aceh belum cermat (1) penulisan judul berita pada tabloid Tabangun Aceh tidak sepenuhnya menggunakan kaidah kebahasaan yang benar, (2) penggunaan kata pada judul berita tabloid Tabangun Aceh tidak sesuai dengan latar belakang masyarakatnya, (3) penggunaan kata yang lazim tidak sesuai dengan sosial kebudayaan masyarakat sehingga pembaca susah memahami maksud yang disampaikan oleh penulis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN DIKSI DALAM JUDUL BERITARNSURAT KABAR HARIAN PROHABA (Teuku Asrul, 2014)

UNGKAPAN DISFEMIA PADA BERITA UTAMA TABLOID MODUS ACEH NOMOR 47/TAHUN X EDISI 25-31 MARET 2013 TERHADAP PESAN KOMUNIKASI (STUDI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI KOMUNIKASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (NOVI ROJANITA, 2014)

CAMPUR KODE BAHASA ACEH DAN BAHASA INGGRIS PADA JUDUL BERITA HARIAN PROHABA DAN SIKAP PEMBACANYA (Juliani, 2017)

PROSEDUR PEMUNGUTAN, PENYETORAN DAN PELAPORAN PPH PASAL 22 ATAS PENCETAKAN DAN PENDISTRIBUSIAN TABLOID TABANGUN ACEH PADA BAPPEDA ACEH (FIRDAUS, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 3BANDA ACEHMENULIS TEKS BERITA DENGAN FORMULA 5 W + 1 H (Emil Trisnawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy