Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT KELAS X IS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 NAGAN RAYA
Pengarang
SRI ARIMBI NINGSIH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1306101040056
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ningsih, Sri Arimbi. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Picture and Picture dengan Model Pembelajaran Poster
Comment Kelas X IS pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Nagan
Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si, (2) Drs. Amsal Amri, M.Pd
Kata Kunci : perbandingan, hasil belajar, Picture and Picture, Poster Comment,
geografi
Penelitian ini berjudul perbandingan hasil belajar geografi menggunakan
model pembelajaran Picture and Picture dengan model pembelajaran Poster
Comment terhadap siswa Kelas X IS di SMA Negeri 1 Nagan Raya. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Geografi dengan model
pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan model
pembelajaran Poster Comment terhadap siswa Kelas X IS di SMA Negeri 1 Nagan
Raya.
Hipotesis penelitian adalah hasil belajar Geografi dengan menggunakan model
pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran
Poster Comment disekolah SMA Negeri 1 Nagan Raya. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 214 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni
kelas X IS 1 sebanyak 26 siswa dan kelas X IS 2 sebanyak 24 siswa.
Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test
dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data
penelitian diperoleh thitung = 13,55 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan
dk = 48, artinya thitung > ttabel sehingga Ha diterima.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Poster Comment
pada mata pelajaran geografi kelas X IS SMA Negeri 1 Nagan Raya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Arifsah Putra, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015)
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Maisal Jannah, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (T. Darma Fatjri, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Muzakkir, 2017)