PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT KELAS X IS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT KELAS X IS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 NAGAN RAYA


Pengarang

SRI ARIMBI NINGSIH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)


ABSTRAK

Ningsih, Sri Arimbi. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Picture and Picture dengan Model Pembelajaran Poster
Comment Kelas X IS pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Nagan
Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :


(1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si, (2) Drs. Amsal Amri, M.Pd

Kata Kunci : perbandingan, hasil belajar, Picture and Picture, Poster Comment,
geografi

Penelitian ini berjudul perbandingan hasil belajar geografi menggunakan
model pembelajaran Picture and Picture dengan model pembelajaran Poster
Comment terhadap siswa Kelas X IS di SMA Negeri 1 Nagan Raya. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Geografi dengan model
pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan model
pembelajaran Poster Comment terhadap siswa Kelas X IS di SMA Negeri 1 Nagan
Raya.
Hipotesis penelitian adalah hasil belajar Geografi dengan menggunakan model
pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran
Poster Comment disekolah SMA Negeri 1 Nagan Raya. Pendekatan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 214 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni
kelas X IS 1 sebanyak 26 siswa dan kelas X IS 2 sebanyak 24 siswa.
Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test
dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data
penelitian diperoleh thitung = 13,55 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan
dk = 48, artinya thitung > ttabel sehingga Ha diterima.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yaitu hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Poster Comment
pada mata pelajaran geografi kelas X IS SMA Negeri 1 Nagan Raya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK