PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS VIII SMPN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBELAJARAN MATERI LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS VIII SMPN 4 BANDA ACEH


Pengarang

PUTRI MAULINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020067

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Beberapa faktor penyebab peserta didik kurang memahami materi lingkaran adalah daya ingat peserta didik yang rendah, malas mencatat, anggapan bahwa matematika itu selalu berhubungan angka dan rumus-rumus. Mind mapping menjadi inovasi dalam pembelajaran yang mendukung peserta didik agar menjadi pembelajar yang kreatif dan meningkatkan daya ingat. Berdasarkan masalah di atas, peneliti mencoba mencari solusinya dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penggunaan metode mind mapping pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Banda Aceh, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap metode mind mapping. Pembelajaran matematika pada penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar peserta didik dapat melebihi nilai KKM, yaitu 82. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 4 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas dan berjumlah 128 orang, sedangkan sampelnya diambil satu kelas, yaitu kelas VIII-5 yang berjumlah 19 orang. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau random. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Pengolahan data menggunakan statistik-t dengan simpangan baku populasi (?) tidak diketahui. Uji yang digunakan adalah uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan pada taraf signifikan ?=0,05. Rata-rata tes hasil belajar peserta didik adalah 62,53 dengan simpangan baku 19,04. Hasil analisis uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Banda Aceh tidak melebihi nilai KKM. Akan tetapi, hasil analisis respon peserta didik terhadap metode mind mapping umumnya peserta didik memberikan respon baik. Kontradiksinya hasil belajar dengan respon peserta didik disebabkan oleh kurang terampilnya peneliti dalam menerapkan mind mapping dalam pembelajaran.

Kata kunci : Mind mapping, lingkaran, hasil belajar, respon peserta didik

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK