//

PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURMASYITAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelangsungan hidup larva ikan kakap putih (Lates calcarifer) dengan pemberian pakan alami yang berbeda yang dilaksanakan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee, Aceh Besar pada tanggal 8 s/d 18 Juli 2017. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan (A= rotifera, B= ikan tongkol, C= cumi- cumi, dan D= Udang vanamei), dengan 4 ulangan. Parameter yang diukur yaitu tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan panjang larva ikan kakap putih (Lates calcarifer). Perlakuan ini menggunakan wadah berkapasitas ±1,43 ton yang diisi air sebanyak 800 liter, padat tebar larva sebanyak 60 ekor/liter air dengan larva umur D-1 dipelihara selama seminggu. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian pakan alami yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva ikan kakap putih (Lates calcarifer). Tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan panjang tertinggi diperoleh pada perlakuan A yaitu 72,50 % dan 1.18 mm/minggu, serta berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Nilai parameter kualitas air yang dihasilkan pada penelitian ini masih dalam kondisi toleransi normal untuk larva ikan kakap putih (Lates calcarifer). Kata kunci : Larva, Lates calcarifer, pakan alami, kelangsungan hidup  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (MAIDA YANTI, 2019)

PENGARUH VITAMIN E PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP, DAN PEMANFAATAN PAKAN IKAN KAKAP PUTIH (Jamiah, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN β –GLUKAN PADA PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCRIFER) (JADI YAKIN HOTMARTUPA SIAHAAN, 2021)

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIL DAN MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (Rizki Ananda, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN CHLORELLA TEPUNG, CHLORELLA KONSENTRAT DAN CHLORELLA HIDUP SEBAGAI PAKAN ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) TERHADAP PEMELIHARAAN LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCARIFER) (T. CHARIS DAROSMAN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy