//

KEMAMPUAN RIZOBAKTERI DALAM MENGHAMBAT PATOGEN TERBAWA BENIH DAN SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN PADA DUA VARIETAS TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amelia Syahdani - Personal Name
SubjectSEEDLING-NURSERY PRODUCTION
TOMATO
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Tomat merupakan salah satu produk hortikultura yang sangat banyak diminati di kalangan masyarakat karena dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, pewarna makanan, kosmetik dan obat-obatan, namun tanaman ini sering diserang oleh organisme pengganggu tanaman khususnya penyakit. Perlakuan benih secara hayati (Biological Seed Treatment) menggunakan rizobakteri merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan untuk pengendalian penyakit dan pemacu pertumbuhan tanaman. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah. Penelitian dimulai sejak bulan Mei hingga Agustus 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola non faktorial pada percobaan I terdiri dari 18 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga didapatkan masing-masing 54 satuan percobaan terhadap patogen Rhizoctonia solani dan 54 satuan percobaan terhadap patogen Sclerotium rolfsii sehingga didapatkan 108 total satuan percobaan. Pada perobaan II menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial terdiri dari 19 perlakuan rizobakteri dan 2 perlakuan varietas yang diulang sebanyak 2 kali Sehingga terdapat 38 kombinasi perlakuan yang terdiri dari 48 unit percobaan dengan 25 unit tanaman di setiap perlakuan. Hasil pengujian in vitro percobaan I dengan menggunakan metode uji kultur ganda dari 18 isolat rizobakteri terdapat lima isolat yang berpotensi sebagai agens biokontrol dengan memiliki daya hambat paling efektif yaitu HWI 4(1), HWI 5(1), HWI 5(4), HWI 8(6) dan BS3 4(5) terhadap Rhizoctonia solani namun memiliki daya hambat yang relatif rendah terhadap patogen Sclerotium rolfsii. Sedangkan pada Hasil penelitian percobaan II menunjukkan bahwa isolat yang efektif sebagai rizobakteri pemacu pertumbuhan tanaman (RPPT) terhadap proses perkecambahan benih tomat dalam meningkatkan viabilitas dan vigor benih adalah isolat SRK 5(3) dan HWI 4(5). Pada parameter pertumbuhan bibit isolat SRK 5(5) dan HWI 5(4) cenderung menunjukkan pengaruh yang efektif dibandingkan perlakukan lainnya. Varietas Servo lebih baik dibandingkan varietas Lentana terhadap viabilitas dan vigor benih. Kata kunci : Rizobakteri, Agens biokontrol, RPPT, Rhizoctonia solani, Sclerotium rolfsii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERLAKUAN BENIH KADALUARSA MENGGUNAKAN RIZOBAKTERI TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR SERTA PERTUMBUHAN BIBIT PADA DUA VARIETAS TANAMAN TOMAT (Susan Purnama, 2018)

EKSPLORASI DAN UJI KEMAMPUAN RIZOBAKTERI SEBAGAI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL DALAM MENGHAMBAT PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM DAN PHYTIUM SP. TERBAWA BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) SECARA IN VITRO (Tia Royanti, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

PERLAKUAN BENIH MENGGUNAKAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR SERTA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (NANDA FADILA, 2019)

EFEKTIFITAS DAYA HAMBAT RIZOBAKTERI TERHADAP PATOGEN TERBAWA BENIH SECARA IN VITRO DAN PERANANNYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH PADA DUA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Malikul Mulki, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy