//

HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rasyidah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rasyidah. 2017. Hubungan Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMAN 1 Trumon Aceh Selatan, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amsal Amri M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci: hubungan, dukungan orang tua, motivasi belajar, hasil belajar, geografi Dukungan orang tua adalah di mana orang tua memberikan kesempatan pada anak agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, belajar mengambil inisiatif, mengambil keputusan mengenai apa yang ingin dilakukan dan belajar mempertanggungjawabkan segala perbuatan. Motivasi belajar adalah daya penggerak atau pendorong dalam diri peserta didik di mana akan mendorongnya kelangsungan dalam belajar dan tewujudnya kegiatan belajar. Penelitian ini berjudul hubungan dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII IPS SMAN 1 Trumon Kabupaten Aceh Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yang dipilih secara acak tanpa memperhatikan strata dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane yaitu sebanyak 53 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan statistik korelasi ganda, diperoleh hasil koefisien korelasi 0,349 pada kategori rendah dengan koefisien determinasi berganda (R 2 ) = 12,19%. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel yaitu, 3,40 > 3,19 yang berarti H a diterima. Simpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dan motivasi dengan hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Wirda Naufa, 2017)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERGAULAN PEER GROUP DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fitria Rahma, 2017)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN DARUSSALAM ACEH BESAR (Mutia, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUATERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (AMELIA FITRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy