//

PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PARTISIPASI PETANI DALAM PELAKSANAAN PROGRAM ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Yustika - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL EXTENSION WORK
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Program Asuransi Usaha Tani Padi merupakan program uji coba atau Pilot Project Asuransi Pertanian yang telah dijalankan di Provinsi Aceh salah satunya Kabupaten Aceh Besar sejak tahun 2015, dan Kecamatan Suka Makmur selalu menjadi wilayah dengan jumlah peserta Asuransi Usaha Tani Padi terbanyak dari tahun 2015-2016. Pengetahuan dan persepsi petani terhadap sebuah program merupakan landasan utama atau dasar utama bagi timbulnya kesediaan untuk ikut terlibat atau berpartisipasi dalam sebuah program. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan, persepsi dan partisipasi petani dalam pelaksanaan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), menganalisis hubungan antara umur, pendidikan, luas lahan dan status lahan terhadap pengetahuan dan persepsi petani tentang program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan menganalisis hubungan antara pengetahuan dan persepsi terhadap partisipasi petani dalam pelaksanaan program Asuransi Usaha Tani Padi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Objek dari penelitian ini adalah petani padi yang mengasuransikan lahan sawahnya, yang berada di Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan sampel pada setiap kelompok tani menggunakan teknik Simple Random sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, persepsi dan partisipasi petani dalam pelaksanaan program Asuransi Usaha Tani Padi dikategorikan rendah. Umur, pendidikan, luas lahan dan status lahan memiliki hubungan terhadap pengetahuan dan persepsi petani. Pengetahuan dan persepsi berhubungan dengan partisipasi petani dalam pelaksanaan program Asuransi Usaha Tani Padi. Kata kunci : Pengetahuan, Persepsi, Partisipasi, Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PETANI TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI DESA TAMPOK BLANG KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (SHINTA MULIA, 2021)

ANALISIS KERENTANAN EKONOMI PETANI NILAM DAN KESEDIAAN UNTUK BERGABUNG DALAM ASURANSI BENCANA DI KABUPATEN ACEH JAYA (ANNISA UMUL FITRAH, 2018)

EVALUASI PELAKSANAAN KREDIT USAHA TANI OLEH BPR MUSTAQIM SUKA MAKMUR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Azwar, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI DAN KEBERHASILAN PELAKSANAAN PROGRAM ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Putri Handayani, 2018)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy