//

UJI KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM EKSTRAK RABAL TERHADAP VIBRIO PARAHAEMOLYTICUS YANG DIISOLASI DARI UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SIMON FRESLY PURBA - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji konsentrasi hambat minimum (KHM) dan konsentrasi bunuh minimum (KBM) ekstrak RABAL terhadap Vibrio parahaemolyticus yang diisolasi dari udang windu (Penaeus monodon). Uji KHM menggunakan metode makro dilusi tabung. Kelompok perlakuan yaitu ekstrak RABAL yang diencerkan secara serial menggunakan akuades dalam konsentrasi 500 µl/ml, 250 µl/ml, 125 µl/ml, 62 µl/ml, 31,2 µl/ml, 15,6 µl/ml, 7,8 µl/ml, 3,9 µl/ml, 1,9 µl/ml, 0,98 µl/ml, dan 0,49 µl/ml. Kelompok kontrol yaitu antibiotik tetrasiklin 30µg yang dilarutkan dalam 0,5 akuades sebagai kelompok kontrol positif dan 0,5 ml aquades sebagai kontrol negatif. Hasil KHM ekstrak RABAL terhadap Vibrio parahaemolyticus adalah 250 µl/ml. Suspensi yang telah dievaluasi KHM beserta suspensi kontrolnya diambil sedikit dengan menggunakan cotton buds steril kemudian digores pada Thiosulphate-Citrate-Bile Salts-Sucrose Agar (TCBSA). Konsentrasi yang tidak menunjukkan pertumbuhan bakteri pada media bekas goresan bakteri uji dinyatakan sebagai KBM, yang mampu membunuh bakteri uji. Hasil menunjukkan bahwa KBM ekstrak RABAL terhadap Vibrio parahaemolyticus adalah 500 µl/ml. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak RABAL konsentrasi hambat minimum 250 µl/ml dan konsentrasi bunuh minimum 500 µl/ml efektif terhadap Vibrio parahaemolyticus yang diisolasi dari udang windu (Penaeus monodon).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK RABAL TERHADAP VIBRIO PARAHAEMOLYTICUS YANG DIISOLASI DARI UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) (M RIZKI SAPUTRA B, 2018)

EFEK PEMBERIAN PROBIOTIK RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT (RABAL) TERHADAP JUMLAH VIBRIO SPP. PADA AIR PEMELIHARAAN POST LARVA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) (THE EFFECT OF PROBIOTIC YEAST AND LACTIC ACID BACTERIA ADMINISTRATION ON TOTAL VIBRIO SPP. IN REARING WATER OF POST LARVAE TIGER SHRIMP (PENAEUS MONODON)) (BOBBY KANA ANDISTA, 2020)

PENGARUH PEMBERIAN RABAL (RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT) BUAHPADA KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUSMONODON) (IRMA SYAHFITRI, 2017)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM) DAN BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) TERHADAP PERKEMBANGAN CANDIDA ALBICANS (NUR RAHMANIA, 2017)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KEMBANG MERAK (CAESALPINIA PULCHERRIMA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Arina Hidayati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy