//

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 10 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meutiara Dini Marpaung - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marpaung, Meutiara Dini. 2017. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI di SD Negeri 10 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.P.d (2) Dra. Syarifah Habibah, M.Pd Kata Kunci : pengaruh, kecerdasan logis matematis, hasil belajar IPA, siswa Salah satu jenis kecerdasan yang sangat penting dan berkaitan dengan kemampuan kognitif siswa yaitu kecerdasan logis matematis. Siswa dapat dikatakan memiliki kecerdasan logis matematis apabila menyukai matematika, mampu memecahkan maslah, serta berprestasi tinggi di sekolah. Ciri-ciri lain yang dapat dilihat pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis yaitu siswa menyukai perhitungan yang rumit, menguasai lebih dari satu pelajaran, mampu memecahkan masalah dan berfikir logis. Nilai hasil belajar IPA pada setiap siswa berbeda-beda. sehingga nilai yang diperoleh siswa menunjukkan kemampuan kognitif yang berbeda pula. Penelitian ini mengangkat masalah adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 10 Kota Banda Aceh? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 10 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 10 Banda Aceh sebanyak 57 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VI-A yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Sampel diambil dengan menggunakan cluster sampling. Pengolahan data menggunakan instrument tes untuk mengukur kecerdasan dan dokumentasi hasil belajar IPA. Data diolah menggunakan statistik uji-f dengan taraf signifikan α=0,05 menggunakan SPSS ver.23, diperoleh sebanyak 20,2% dipengaruhi oleh kecerdasan logis matematis dan 79,8% dipengaruhi faktor lain. Sehingga diperoleh hasil f_hitung=6,583 lebih besar dari f_tabel= 4,22, sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI di SD Negeri 10 Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA (DECY PRAMITA SARI YUSNA, 2018)

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017)

KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Putri Miranda, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (SRY RASYIIDU TEBE, 2019)

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN (Siti Fatimah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy