//

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indri Lolita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh siswa. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dan berpikir kritis adalah model Reciprocal Teaching. Model Reciprocal Teaching menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksi pertanyaan apa selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Materi yang penulis pilih untuk penelitian ini adalah pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model Reciprocal Teaching pada materi Lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Exprimental Design (nondesigns) dengan One – Group Pretest-Posttestshot Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Simple Random Sampling sebanyak satu kelas yang terdiri dari 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Hasil dari pre-test dan post-test digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lingkaran. Berdasarkan penilaian yang telah diberikan, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa 886, sedangkan nilai rata-rata posttest siswa 1733. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.05 dan dk = 24 diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,18 > 1,71 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir siswa meningkat dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada materi Lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015)

KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Alfiza Joan Destria, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Marliza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy