//

POLA INTERAKSI MASYARAKAT SUKU ALAS DAN SUKU BATAK DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT (DIDESA LAWE BEKUNG,KECAMATANBADAR, KABUPATEN ACEH TENGGARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CHERLY AULIA - Personal Name
SubjectCOUNTRY LIFE
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aulia, Cherly. 2017. Pola Interaksi Masyrakat Suku Alas Dan Suku Batak Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Ruslan, S.Pd., M.Ed., (2). Dr. Sanusi, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci : Suku Alas dan Suku Batak, Pola Interaksi Penelitian ini tentang “Pola Interaksi Masyarakat Suku Alas dan Suku Batak dalam Kehidupan Bermasyarakat”, penelitian ini berupaya mendeskripsikan interaksi dari dua golongan masyarakat yang berbeda suku dan agama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana interaksi dan kehidupan masyarakat suku Alas dan suku Batak yang ada di desa Lawe Bekung. (2) Bagaimana pola interaksi sosial yang berlangsung antara masyrakat suku alas dan suku batak di desa Lawe Bekung. Serta penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan tentang interaksi dan kehidupan masyarakat suku Alas dan suku Batak yang ada di desa Lawe Bekung. (2). Mendeskripsikan tentang pola interaksi sosial yang berlangsung antara masyrakat suku alas dan suku batak di desa Lawe Bekung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun Teknik pengumpulan data denganmenggunakan pedoman wawancara. Lokasi penelitian terletak didesa Lawe Bekung Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kehidupan masyarakat Desa Lawe Bekung, kesehariannya dihabiskan dengan bertani,berinteraksi dengan berkumpul (silaturahmi) dan berkerja sama. (2). Pola interaksi masyarakat Desa Lawe Bekung,dalam proses interaksi yang dilakukan kedua suku di desa Lawe Bekung mengarah pada bentuk interaksi asosiatif dan memiliki pola yang tetap,terlihat dari adanya kerja sama, musyawarah, serta pembauran budaya yang dilakukan oleh kedua golongan masyarakat, Simpulan penelitian ini adalah: (1). Kehidupan masyarakat desa Lawe Bekung layaknya kehidupan masyarakat pada umumnya, kedua suku inihidup berdampingan dalam waktu yang lama dan tidak pernah terjadi konflik ras (2). Pola interaksi masyarakat Lawe Bekung menunjukan adanya bentuk interaksi asosiatif yang kmudian megarah pada pola linier. Saran dalam penelitian ini, yaitu: (1). Kepada kepala desa agar terus mengayomi masyarakat Lawe Bekung, (2). Kepada pemerintah untuk terus menjadi promotor utama dalam menjaga kerukunan masyarakatdesa Lawe Bekung, (3). Masyarakat agar terus menjadi pribadi yang luhur, mampu menanamkan sikap solidaritas dan toleransi dalam bermasyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ASIMILASI MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (ASIMILASI ETNIS TAMIANG DAN ETNIS BATAK DI DESA RANTAU PAUH, KECAMATAN RANTAU, KABUPATEN ACEH TAMIANG) (Mutia, 2018)

KELAYAKAN PEMBANGUNAN JEMBATAN LAWE ALAS – PEDESI KUTACANE ACEH TENGGARA BERDASARKAN ANALISA NILAI EKONOMI TRANSPORTASI (JETNO HARJA, 2020)

RAGAM MOTIF KAIN ULOS BATAK DI DESA PAHLAWAN KABUPATEN ACEH TAMIANG (Siti Hastina Udfa , 2015)

MOTIF RAGAM HIAS PADA PAKAIAN ADAT PERNIKAHAN SUKU ALAS DI KABUPATEN ACEH TENGGARA (Riski Amalia, 2016)

BENTUK PENYAJIAN TARI PELEBAT DI SANGGAR LAC SUKU ALAS KABUPATEN ACEH TENGGARA (Mellya Safitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy