//

KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PROGRAM 3R GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farizah Hanum - Personal Name
SubjectWASTE TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masalah pesampahan sudah menjadi masalah bersama dan harus segera dilakukan penaganan khusus. Program 3R merupakan salah satu cara yang tepat untuk menangani masalah sampah di Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji tingkat partisipasi masyarakat dalam sistem pengelolaan persampahan dan untuk mengetahui sistem pengelolaan persampahan 3R di Gampong Nusa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel dipilih dengan teknik random sampling berdasarkan persamaan Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Kuesioner menggunakan skala likert dan dianalisis dengan rumus persentase. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Flanagan, didapat nilai 0,996 dengan kesimpulan reliabel dan kategori sangat tinggi. Uji validitas dilakukan dengan pearson product moment didapat hasil 100% instrumen valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Partisipasi masyarakat Gampong Nusa terhadap kegiatan program 3R sudah baik, masyarakat berpartisipasi aktif dalam rangka penanganan sampah dengan 3R, hal ini terlihat dari hasil analisis data ditemukan bahwa rata-rata partisipasi masyarakat mencapai 77,30% masyarakat sangat setuju terdapat program 3R, 16,19% setuju dan hanya 5,79% yang kurang setuju. Sistem pengelolaan sampah di Gampong Nusa sudah sesuai dengan program 3R, dengan melibatkan masyarakat terutama kaum ibu-ibu dan anak-anak TPA. Reduce, masyarakat Gampong Nusa mengurangi membeli barang-barang yang tidak dapat digunakan kembali, Reuse, masyarakat Gampong Nusa selain mengurangi penggunaan barang yang menyebabkan limbah banyak, juga melakukan penyaringan terhadap sampah. Ada banyak sampah yang dapat digunakan kembali, Recycle, masyarakat Gampong Nusa memilah sampah dan membuat kreasi sesuai skill msaing-masing. Sedangkan sampah yang tidak dapat dialih fungsikan diserahkan ke DK3 Kota Banda Aceh untuk di daur ulang, dengan membuat kerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk memaksimalkan program 3R di Gampong Nusa. Kata Kunci : partisipasi masyarakat, pengelolaan sampah, program 3R (reduce, reuse dan recycle), Gampong Nusa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

KAJIAN PENGELOLAAN GAMPONG NUSA DALAM PERSPEKTIF PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR) (Zana Syaifullah Amri, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE)DI GAMPONG ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Nazaruddin, 2016)

PRODUKSI DAUR ULANG SAMPAH NUSA CREATION COMMUNITY DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR (Dwi Irsyanda, 2016)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, DAN RECYCLE) DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (MEGA SOFIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy