//

PARTISIPASI PETANI DALAM PENGELOLAAN IRIGASI DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ani Muharni - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Ani Muharni 1205102010019 Partisipasi Petani dalam Pengelolaan Irigasi di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si sebagai pembimbing utama dan Elly Susanti, S.P, M.Si selaku pembimbing anggota. RINGKASAN Tidak dapat disangkal dalam usaha pengelolaan dengan cara mencari dukungan dan partisipasi petani terkadang menemui kendala di lapangan, yaitu adanya anggapan para petani yang umumnya berpendapat bahwa jaringan irigasi yang dibangun pemerintah merupakan milik pemerintah, sehingga pengelolaan irigasi tersebut tanggungjawab pemerintah. Partisipasi petani dalam pengelolaan jaringan irigasi dengan cara mengajak petani ikutserta dalam pelaksanaan rapat, pemeliharaan jaringan dan mereka dianjurkan untuk membayar iuran dimana pemakaian iuran tersebut adalah untuk perawatan dan pemeliharaan jaringan irigasi yang ada di wilayah Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi petani dalam pengelolaan irigasi di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi petani dalam pengelolaan irigasi di Kecamatan Montasik di Kabupaten Aceh Besar. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Aceh Besar yaitu di Kecamatan Montasik di 3 desa yaitu: Desa Bungraya, Desa Mon Ara dan Desa Perumping. Penelitian ini menggunakan analisis persentase dan analisis Chi- Square. Sampel pada penelitian ini sebanyak sebanyak 34 petani. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat partisipasi petani dalam pengelolaan irigasi di Kecamatan Montasik adalah sedang (59,13%). Faktor pengalaman berusahatani (X1) faktor wawasan (X3), faktor kepercayaan (X4) faktor kepemimpinan (X5) dan faktor manfaat irigasi (X6) memiliki hubungan yang signifikan terhadap partisipasi petani. Faktor pengalaman memiliki hubungan yang erat dengan bentuk hubungan positif. Sedangkan faktor wawasan, kepercayaan, kepemimpinan dan manfaat irigasi memiliki hubungan erat dengan bentuk hubungan negatif terhadap partisipasi petani dalam pengelolaan irigasi di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Saran yang dapat penulis berikan agar tingkat partisipasi petani meningkat yaitu diharapkan adanya sosialisasi dari pihak terkait dan adanya program penyuluhan serta pemberdayaan petani yang bersifat kontinyu sehingga dapat meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap irigasi yang mereka gunakan. Selain itu dinas terkait dapat melakukan kontrol secara rutin agar para petani merasa tidak diabaikan ketika timbul permasalahan dilapangan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIKAP PETANI TERHADAP PENGELOLAAN IRIGASI DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (SAFRINA, 2020)

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI TEMBAKAU DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (MIRZA ZULYANDI, 2020)

ANALISIS PENYIMPANGAN LUAS LAHAN SAWAH IRIGASI SECARA SPASIAL DALAM BEBERAPA KECAMATAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Rahayu Ansya Fitri, 2017)

PERAN MODAL SOSIAL DAN PARTISIPASI TERHADAP EFEKTIVITAS TEKNIS PENGELOLAAN IRIGASI (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI NALAN KABUPATEN BIREUEN) (Reyna Listiani, 2018)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy